Dinas Pertanian Cek Pengolahan Lahan Sawangan

Dilihat 683 kali

BERITAMAGELANG.ID - Dinas Pertanian dan Pangan (Distan dan Pangan) Kabupaten Magelang melaksanakan gerakan percepatan pengolahan lahan di Dusun Payakan Desa Gondowangi Kecamatan Sawangan seluas 1 hektar, Kamis (19/9). 


Kegiatan tersebut bekerja sama dengan Kelompok Tani Ngudi Rejeki, Gapoktan Gondo Arum, didampingi Babinsa Sertu Sarjono, serta program pengalaman lapangan Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta.


Kepala Distan dan Pangan Kabupaten Magelang yang diwakili Sriyana mengatakan, perlu dilakukan upaya terpadu untuk meningkatkan produktivitas pertanian, yaitu dengan cara intensifikasi dan ektensifikasi seperti peningkatan ketersediaan air irigasi, penyediaan bibit, pupuk dan alat mesin pertanian (alsintan).


"Gerakan percepatan olah tanah dan tanam akan mendorong pencapaian swasembada pangan nasional," ujar Sriyana.


Karena itu, lanjut Sriyana, diperlukan kerja sama antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam mewujudkan target swasembada pangan.


"Diharapkan produktivitas selanjutnya akan lebih baik dan meningkat," harapnya.


Irigasi Desa Gondowangi mengalir tanpa mengenal musim, diharapkan peningkatan produksi pangan akan meningkat pesat. Sehingga ekonomi dan kesejahteraan masyarakat juga meningkat.


Setiap wilayah pernah mengalami gagal panen, maka dari itu perlu pengendalian dan pencegahan melalui bantuan dari Pemerintah dan unsur lainnya salah satunya bersinergi dengan TNI.


"Jaga lahan persawahan, jangan dialihfungsikan, menghemat air untuk cadangan pengairan sawah dalam menghadapi perubahan iklim, melaksanakan prosedur tanam yang benar untuk meminimalisir kegagalan sehingga ketahanan pangan di Kabupaten Magelang juga akan tetap terjaga," pesannya.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar