Koperasi Pegawai Abdi Negara Diharap Mampu Pertahankan Usaha Di Tengah Pandemi

Dilihat 906 kali
Bupati Magelang memimpin Rapat Pleno dalam rangka pengesahan hasil Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Abdi Negara tutup buku 2020 secara virtual

BERITAMAGELANG.ID - Pemerintah Kabupaten Magelang menggelar Rapat Pleno dalam rangka pengesahan hasil Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Abdi Negara tutup buku 2020 secara virtual.


Bupati Magelang, Zaenal Arifin mengapresiasi KPRI Abdi Negara yang mana dalam laporan keuangan tahun 2020 telah diaudit oleh Akuntan Publik dengan predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).


"Teriring harapan semoga KPRI Abdi Negara Kabupaten Magelang bisa terus mempertahankan kelangsungan usaha di Tahun 2021 ini dalam situasi lesunya dunia usaha dan ancaman resesi global akibat Pandemi Covid-19 yang masih melanda hingga saat ini," ujar Zaenal Arifin.


Zaenal mengatakan, RAT ini merupakan suatu agenda wajib kepengurusan koperasi, karena di dalam rapat tersebut akan terjadi pertanggungjawaban pengurus koperasi selama satu tahun kepada para anggota koperasi yang bersangkutan.


Manfaat diselenggarakannya RAT diantaranya adalah untuk mengukur progress atau kemajuan koperasi dalam kurun waktu 1 tahun terakhir, serta menilai pelaksanaan program kerja dan kegiatan yang telah ditetapkan pada penyelenggaraan RAT sebelumnya. 


"Di samping itu, forum RAT juga dapat dimanfaatkan untuk memetakan kendala dan permasalahan yang dihadapi, agar dapat dicarikan solusinya, sehingga kegiatan koperasi untuk masa-masa yang akan datang, dapat berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan bersama," harapnya.


Sampai saat ini KPRI Abdi Negara memiliki anggota sebanyak 2.211 orang dengan jumlah aset lebih dari Rp. 11,7 milyar dan berhasil membukukan SHU sebesar Rp504.469.614,65 atau 88,46% dari target yang ditetapkan. 


Kepala Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Kabupaten Magelang, Basirul Hakim berharap, di tengah melambatnya pertumbuhan ekonomi di masa Pandemi, KPRI Abdi Negara dapat memberikan solusi keuangan bagi para anggotanya, terutama pada waktu orang tua akan menyekolahkan anak-anaknya.


"Sebentar lagi banyak orang tua yang butuh pinjaman untuk memasukan anaknya ke jenjang sekolah yang lebih tinggi, sehingga pengurus dapat menyiapkan keperluan tersebut," kata Basirul.


Menurut Basirul, partisipasi anggota dalam bentuk saran pendapat untuk kemajuan koperasi secara umum dirasa masih kurang. Kemampuan mengakses sumber daya produktif, khususnya akses pasar permodalan juga perlu ditingkatkan. 


"Kami menyadari sepenuhnya bahwa upaya-upaya yang dilakukan pemerintah tidak akan banyak berarti jika tidak didukung setiap komponen gerakan koperasi itu sendiri. Saya berharap dalam menghadapi perdagangan bebas koperasi mampu berinovasi, terutama dalam menumbuhkan jenis usaha yang produktif sehingga keberadaan koperasi dari waktu ke waktu dapat bersaing di pasar global," pungkas Basirul.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar