Kambing Kamandaka Menangkan Kontes Ternak Bupati Cup 2019

Dilihat 1410 kali
Bupati Magelang Zaenal Arifin tunggang sapi Peranakan Ongole (PO) dalam Mega Gemilang Kontes Ternak Bupati Cup

BERITAMAGELANG.ID - Dalam kontes ternak Piala Bupati Cup 2019, Kambing Kamandaka dan dan Sembara milik Mugi Santoso memenangkan Mega Gemilang Kontes Kambing 2019.


"Untuk Klas A Jantan, kambing Kamandaka memenangi. Demikian juga, untuk Klas C Jantan, Kambing Sembara juga memenangi kontes. 


Dari kontes ini, saya mendapatkan piala, piagam dan uang pembinaan," kata Mugi yang berasal dari Sapuran, Kabupaten Wonosobo, itu pada Berita Magelang, Kamis (21/03).  



Kambing Kamandaka (Wonosobo) Juara 1 Klas A Jantan dalam Mega Gemilang Kontes Ternak Bupati Cup 


Untuk Kamandaka, kata dia, berusia 3 tahun sudah pernah menjadi juara Piala Raja, Piala Bupati Pacitan, Piala Kenduri Nasional Puworejo dan lainnya. Kemudian untuk Kambing Sembara ini berusia 2 tahun sudah 5 kali menang untuk regional.


"Kalau kelebihan Sembara pada postur dan tulangannya besar. Telinga panjang, leher dan glambirnya padat, terus bulu lebat, brewok lebat," katanya seraya menyebut kambingnya Peranakan Ettawa Ras Kaligesing. 


Dalam Kontes tersebut, Bupati Magelang Zaenal Arifin, SIP mengatakan, suksesnya kontes ternak tersebut telah membuktikan para peternak telah bekerja dengan cinta terutama dalam mengembangkan ternak-ternak yang dimilikinya.


"Hal ini bisa dikembangkan pada sektor wisata. Kita tahu bahwa Kabupaten Magelang memiliki Candi Borobudur, yang mana nantinya sapi-sapi yang berukuran besar ini bisa dijadikan alat transportasi tradisional dan memiliki nilai jual tersendiri bagi turis," katanya saat meninjau Mega Gemilang Kontes Ternak Bupati Cup, Selasa (19/03). 


Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Magelang Ir. Sri Hartini menambahkan, kontes ternak yang dilangsungkan ini bertujuan sebagai salah satu metode pembinaan kepada peternak agar bisa menghasilkan ternak-ternak yang unggul. Selain itu, juga bisa untuk melestarikan genetik ternak yang ada di Kabupaten Magelang. 


Menurutnya, untuk ternak di Kabupaten Magelang yang sudah diakui Kementerian Pertanian yakni itik Magelang (itik kalung). Kemudian yang saat ini masih dalam proses diusulkan yakni Kambing Jawa Randu (khas dari Borobudur).


"Untuk saat ini kita sedang mengidentifikasi ternak-ternak khas dari Kabupaten Magelang sehingga nanti bisa menjadi rujukan pengembangan perbaikan genetik ternak lain di seluruh Indonesia," imbuhnya. 


Untuk hewan ternak yang dilombakan meliputi sapi potong 48 ekor terdiri 28 ekor indukan, dara 5 ekor dan pedet 13 ekor. Berikutnya, sapi perah sebanyak 40 ekor, yang terdiri 22 ekor induk, 5 ekor dara dan 13 pedet.


Sedangkan untuk Kambing Jawa Randu khas Borobudur diikuti 12 ekor saja karena populasinya masih belum begitu banyak. Kemudian untuk Kambing PE (Peranakan Ettawa) ada 200 ekor, yang datang dari Kabupaten Magelang maupun, DIY.


"Populasi sapi di Kabupaten Magelang saat ini mencapai 79.000 ekor lebih, kambing mencapai 84.000 ekor, domba 84.000 ekor dan kerbau mencapai 6.000 ekor," ujarnya.  


Adapun daftar pemenang regional Jateng dan DIY Mega Gemilang Kontes Kambing Kaligesing 2019, Klas A Jantan Juara 1 Kamandaka (Wonosobo); Juara 2 Takeo (Purworejo) dan Juara 3 Sugriwo (Sleman). 


Sedangkan untuk Klas A Betina, Juara 1 Barandis (Banjarnegara), Juara 2 Pitaloka (Magelang) dan Juara 3 Dewi Anyelir (Wonosobo). Untuk Klas B Betina, Juara 1 Berlian Mayang (Purworejo); Juara 2 Mustika (Banjarnegara) dan Juara 3 Lina (Sleman).


Klas C Jantan, Juara 1 Sembara (Wonosobo); Juara 2 Gondez (Puworejo) dan Juara 3 Suryo Kato (Kulonprogo). Klas C Betina, Juara 1 BCL (Gunungkidul); Juara 2 Dewi Persik (Bantul) dan Juara 3 Gea Neta (Banjarnegara). 


Untuk klas D Jantan, Juara 1 Ferguse (Puwrorejo); Juara 2 Gaselo (Bantul) dan Juara 3 Ken Arok (Purworejo). Adapun untuk klas D Betina, Juara 1 Puspa Pesona (Yogyakarta); Juara 2 Tanjungsari (Wonosobo) dan Juara 3 Nawangwulang (Wonosobo). 


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar