Diduga Keracunan Jamu Gendong, 11 Ibu Masuk Rumah Sakit

Dilihat 1658 kali
Salah seorang ibu yang diduga keracunan akibat jamu gendong tengah dirawat di RSUD Muntilan, Selasa (27/03)

BERITAMAGELANG.ID - Akibat mengkonsumsi jamu gendong jenis (uyub-uyub), 10 ibu menyusui asal Dusun Loning, Desa Senden, Kecamatan Mungkid, dan 1 ibu asal Desa Treko, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, masuk rumah sakit, diduga karena keracunan.


Direktur RSUD Muntilan, M Syukri dalam keterangannya mengatakan, saat ini ada 11 pasien yang sedang rawat inap di RSUD Muntilan, dengan gejala yang sama, yakni seperti orang mengalami keracunan.


"Jadi kemarin (26/03) sekitar pukul 15.00 WIB hingga 17.00 WIB, berangsur-angsur kami mendapat pasien 10 orang ibu menyusui. Kemudian dari hasil analisa dokter, semunya habis meminum jamu uyub-uyub. Keluhan semua pasien pun sama, yakni mual, muntah, dan pusing. Kemudian, pada jam 00.00 WIB, kami mendapatkan satu pasien lagi, juga dengan gejala yang sama," papar M Syukri, saat dikonfirmasi BeritaMagelang.id di RSUD Muntilan, Selasa (27/03).


Dari data yang telah dihimpun, korban yang mengalami keracunan jamu uyub-uyub tersebut adalah Santi Rahmawati (27), Lusiana Arfiani (23), Haryanti (25), Ida Riwayati (33), Indah Saputri (22), Diah Tri Yuliani (29), Napsiah (30), Saidah (33), Anik Triyaningsih (37), Sarwati (25) semuanya warga Dusun Loning, dan satu warga Desa Treko, Kecamatan Mertoyudan, Maesaroh (20).


"Semua korban sudah kita observasi. Kondisi korban saat ini sudah sadar, tetapi dalam kondisi yang lemah," terang M Syukri.


Hingga saat ini, seluruh pasien sedang dalam kondisi pemulihan, dokter ahli penyakit dalam tengah melakukan penanganan lebih lanjut kepada seluruh pasien.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar