KONI Kabupaten Magelang Harap Kemenpora Keluarkan Protokol New Normal

Dilihat 1709 kali
Jajaran pengurus KONI Kabupaten Magelang.
BERITAMAGELANG.ID - KONI Kabupaten Magelang menyambut positif rencana pemerintah menerapkan kebijakan New Normal dalam situasi pandemi covid-19. Dampak dari pandemi corona yang sudah berjalan sejak Maret ini, dirasakan oleh semua elemen termasuk dunia olahraga. Semua kegiatan  prestasi terhenti sejak tiga bulan lalu, tidak ada aktivitas latihan dan kejuaraan di semua cabang olahraga di Kabupaten Magelang. 

"Semua kegiatan olahraga baik latihan maupun kejuaraan kita tiadakan untuk sementara waktu, sesuai anjuran pemerintah sebagai upaya percepatan memutus mata rantai penyebaran covid-19 di Kabupaten Magelang," kata Ketua KONI Kabupaten Magelang, Karjanto Wigjowidodo, Selasa (2/6/2020).

Ditambahkan Wakil Ketua KONI Kabupaten Magelang, Suwarsa, saat ini muncul konsep kebijakan New Normal yang akan diberlakukan pemerintah. 

"Kami berharap pemerintah juga memperhatikan aktivitas masyarakat olahraga. Untuk itu kami berharap pemerintah dalam hal ini Kemenpora segera mengeluarkan protokol keolahragaan sebagai juknis (petunjuk teknis) agar bisa kita pergunakan sebagai acuan dalam merumuskan kegiatan sebagai upaya pembinaan dan peningkatan prestasi olahraga di Kabupaten Magelang," harapnya.

Sejak muncul wacana New Normal, cabang olahraga dan para atlet memang sudah banyak yang menanyakan kapan kegiatan olahraga dapat dimulai, akan tetapi pihaknya belum bisa menjawab. 

"Untuk memulai tentu kami akan mengikuti kebijakan dan arahan dari pemerintah, dalam hal ini Bupati Magelang. Saat ini, kami telah kordinasi dengan Kepala Disparpora, agar menunggu protokol keolahragaan dari Kemenpora yang saat ini masih disusun dan dikomunikasikan dengan kementerian terkait," lanjutnya.

Disampaikan, dalam berbagai media dan medsos yang beredar, aktivitas olahraga dapat dimulai pada masa new normal fase ke 3 sekitar 15 Juni 2020. Namun, pihaknya tetap menunggu acuan baku berupa juknis dari pemerintah dan arahan dari KONI pusat maupun provinsi sebagai dasar kegiatan keolahragaan di Kabupaten Magelang. 

Terkait kegiatan olahraga pada fase New Normal, pihaknya berharap protokol olahraga mengatur kegiatan latihan dan kejuaraan baik indoor maupun outdoor.

Tahun 2020 ini ada dua event besar, yakni PON XXI di Papua dan PORWIL DULANGMAS (Wilayah Kedu, Pekalongan dan Banyumas) di Pekalongan. PON XXI sudah ada kepastian ditunda tahun 2021 karena alasan Pandemi covid-19. 

"Sedangkan PORWIL DULONGMAS yang sedianya akan dilaksanakan pada November, sampai saat ini masih belum ada kepastian apakah akan dilaksanakan pada fase new normal atau ditunda masih menunggu perkembangan," ungkapnya.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar