Komunitas Sepeda Minion Bagikan Ratusan Masker

Dilihat 795 kali
Magelang Minion Community dalam kegiatan bagi masker di Lapangan drh Soepardi Sawitan Kota Mungkid.

BERITAMAGELANG.ID - Salah satu bentuk kepedulian pesepeda dalam pencegahan Covid-19 ditunjukkan oleh komunitas sepeda mini Magelang Minion Comunity (Mamik). Aksi kepedulian dilakukan dengan edukasi terhadap anggota minion dan membagikan masker bantuan Bike To Work (B2W) Indonesia, bersinergi dengan BNPB. Kegiatan ini digelar di Lapangan drh Soepardi Kota Mungkid, Minggu (24/1/2021).


Menurut Koordinator aksi Gobar Bagi masker, Bob, ketua sekaligus koordinator aksi, pencegahan covid-19 tidak bisa menjadi hanya tanggung jawab pemerintah.


"Semua pihak perlu terlibat salah satunya pesepeda. Edukasi dan pembagian masker ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dalam mematuhi protokol kesehatan, salah satunya adalah penggunaan masker. Pembagian ini juga sebagai wujud dukungan terhadap tenaga medis yang menangani pasien Covid-19 dengan resiko terpapar cukup tinggi," ucap Bob.


Ketua Magelang Minion Comunity, Nawan, mengatakan, masker yang dibagikan sebanyak 200 buah, memiliki 5 lapis setara masker medis dan jika digunakan dalam bersepeda tidak terlalu mengganggu. Masker ini dapat dicuci dan digunakan kembali. 


"Ada setidaknya 200an masker yang dibagikan baik kepada anggota komunitas dan masyarakat pada aksi ini," ucap Nawan.


Siska Sriyoga atau yang biasa disapa Masyoga, koordinator wilayah B2W Magelang, mengapresiasi kegiatan ini dan berharap makin banyak pesepeda yang patuh terhadap protokol kesehatan dalam penggunaan masker. Dia berterima kasih banyak komunitas pesepeda yang peduli dalam perang melawan Covid-19. 


“Semoga makin banyak pesepeda yang turut membantu edukasi penggunaan masker dapat mencegah penyebaran Covid-19 di Magelang,” imbuhnya di sela kegiatan bersepeda ke kantor.  


Gerakan edukasi ini merupakan rangkaian kegiatan sebelumnya yang juga dilaksanakan di Kota Magelang dengan edukasi dan membagikan masker kepada pekerja pesepeda dan masyarakat pekerja informal seperti tukang becak, pedagang cilok, tukang sol sepatu dan lain sebagainya.


Magelang Minion Comunity, saat ini beranggotakan 180 lebih yang berdiri pada tahun 2019. Minion sebenarnya model sepeda mini, sepeda lama yang yang saat ini menjadi incaran para kolektor sepeda karena bentuknya yang unik, bisa dimodifikasi dan diberi warna sesuai keinginan penggunanya. Anggotanya dari berbagai kalangan dan profesi pekerjaan.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar