Oleh : P. Budi Winarto, S.Pd*)
MEDIA pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim kepada penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat siswa yang menjurus ke arah terjadinya proses belajar. Media pembelajaran yang bermakna mempunyai arti tersendiri bagi guru yang menggunakannya sehingga dapat membantu peserta didik memproses pesan-pesan pendidikan atau bahan-bahan pembelajaran yang disampaikan. Berarti media pembelajaran membantu mempertinggi proses pembelajaran yang pada gilirannya dapat meningkatkan kualitas pendidikan (Chaerudin;2004).
Ada beberapa alasan, mengapa media pembelajaran dapat meningkatkan kualitas proses belajar siswa, antara lain sebagai berikut.
Jenis dan Kriteria Memilih Media Pembelajaran
Ada beberapa jenis media pembelajaran yang biasa digunakan dalam proses belajar-mengajar, diantaranya sebagai berikut.
Penggunaan media di atas tidak dilihat atau dinilai dari segi kecanggihan medianya, tetapi yang lebih penting adalah fungsi dan peranannya dalam membantu meningkatkan kualitas proses pembelajaran di kelas.
Sebuah poster sederhana yang dapat menggugah pentingnya memelihara kebersihan lingkungan, jauh lebih berharga daripada pemutaran film mengenai gambaran sebuah kota yang bersih, untuk sekadar mencapai tujuan pembelajaran berkenaan dengan sikap siswa terhadap kebersihan lingkungan. Demikian juga gambar peta Jawa Tengah yang dibuat guru di papan tulis mempunyai manfaat dan lebih bermakna dibandingkan dengan globe yang mahal harganya, apabila tujuannya hanya menunjukkan letak ibukota provinsi Jawa Tengah. Oleh sebab itu, penggunaan media pembelajaran sangat bergantung pada hal-hal berikut.
Dengan kriteria pemilihan media pembelajarn di atas, guru dapat lebih mudah menggunakan media pembelajaran mana yang dianggap tepat untuk membantu mempermudah tugas-tugasnya sebagai pengajar. Kehadiran media pembelajaran dalam proses pembelajaran jangan dipaksakan sehingga mempersulit tugas guru, tapi harus sebaliknya, yakni mempermudah guru dalam menjelaskan materi pembelajaran.
Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa peranan media dalam proses pembelajaran dapat ditempatkan sebagai berikut.
Sungguhpun demikian, media pembelajaran sebagai alat dan sumber bahan pengajaran tidak bisa menggantikan guru sepenuhnya. Artinya, media pembelajaran tanpa guru adalah suatu hal yang mustahil dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Peranan guru masih tetap diperlukan sekalipun media pembelajaran telah merangkum semua materi pembelajaran yang diperlukan oleh siswa.
Guru berkewajiban memberikan bantuan kepada para siswa tentang apa yang harus dipelajarinya, bagaimana siswa mempelajarinya serta hasil-hasil apa yang diharapkan diperoleh dari media pembelajaran yang digunakan. Semoga.
*)Penulis adalah guru SMP Pendowo â Kabupaten Magelang
0 Komentar