Kesiapan Potensi SDM Pariwisata

Dilihat 2939 kali
foto: freepik.com/rawpixel.com

Pariwisata sebagai sebuah industri yang sangat bergantung pada keberadaan manusia. Terwujudnya pariwisata merupakan interaksi dari manusia yang melakukan wisata yang berperan sebagai konsumen yaitu pihak-pihak yang melakukan perjalanan wisata dan manusia sebagai produsen yaitu pihak-pihak yang menawarkan produk dan jasa wisata.


Pentingnya SDM (Sumber Daya Manusia) di sektor pariwisata adalah manusia merupakan sumber daya yang sangat penting di sebagian besar organisasi.


Khususnya di organisasi berbasis jasa seperti pariwisata, SDM berperan sebagai faktor kunci dalam mewujudkan keberhasilan kinerja. Pada beberapa industri, faktor manusia berperan penting dan menjadi faktor kunci sukses terhadap pencapaian kinerja.


Seperti pada industri pariwisata, dimana perusahaan memiliki hubungan langsung yang bersifat intangible (tak berwujud) dengan konsumen yang sangat bergantung pada kemampuan individu karyawan dalam membangkitkan minat dan menciptakan kesenangan serta kenyaman kepada para konsumennya.


Faktor manusia


Demikian juga atraksi wisata di suatu daerah tujuan wisata, intinya merupakan faktor manusia yang akan menentukan apakah para pengunjung (wisatawan) akan memperoleh pengalaman total dan akan berkunjung kembali.


Pengembangan SDM di industri pariwisata saat ini menghadapi tantangan global yang memerlukan solusi dengan menembus batasan-batasan negara.


Salah satu solusi yang perlu ditempuh adalah dengan meningkatkan kompetensi SDM yang dimiliki suatu negara termasuk Indonesia melalui peningkatan kualitas pendidikan dan pelatihan yang tepat. 


Lebih tegas lagi ada regulasi yang mengatur tentang SDM Pariwisata, salah satu diantaranya adalah Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2009 Tentang Kepariwisataan menyatakan sumber daya manusia di bidang pariwisata adalah sumber daya manusia yang terlibat  dalam berbagai macam kegiatan wisata dan didukung berbagai fasilitas serta layananan yang tersedia oleh masyarakat, pengusaha, dan pemerintah.


Pelayanan pariwisata


Sebagai salah satu industri jasa, sikap dan kemampuan pekerja pariwisata akan berdampak terhadap pelayanan pariwisata yang diberikan kepada wisatawan baik terhadap kenyamanan, kepuasaan, dan kegiatan wisata yang dilakukannya (I Gde Pitana & I Ketut Surya Diarta, 2009).


Adapun sumber daya manusia di bidang pariwisata terdiri dari, pertama sumber daya manusia yang berada di lembaga pemerintahan. Dalam lingkup lembaga pemerintahan, SDM lebih banyak menghasilkan kebijakan dalam pembangunan pariwisata.


Kedua, SDM yang berada di lembaga pendidikan namun belum terlibat langsung dalam usaha pariwisata. SDM dalam kelompok ini kebanyakan terdiri dari manajemen/karyawan pendidik, peserta didik, dan juga mahasiswa jurusan pariwisata.


Ketiga, SDM yang terlibat langsung dalam kegiatan pariwisata pihak yang berperan menghasilkan produk dan jasa bagi wisatawan dalam kegiatan usaha formal. Lebih jelasnya kegiatan usaha formal tersebut terdiri dari pengelola usaha pariwisata yang meliputi  pengusaha sektor formal usaha pariwisata yang mengelola berbagai usaha pariwisata.  Di samping itu juga terdapat pekerja usaha pariwisata yang bernaung di bawah satu usaha pariwisata lembaga formal.


Keempat, SDM dari kelompok masyarakat yang berada di luar sektor lembaga formal, namun terkait dengan bisnis pariwisata. Contoh konkretnya di beberapa daerah sekarang sudah muncul kelompok sadar wisata. Kelompok sadar wisata adalah kelembagaan di tingkat masyarakat yang anggotanya terdiri dari para pelaku kepariwisataan yang memiliki kepedulian dan tanggung jawab serta berperan sebagai penggerak dalam mendukung terciptanya iklim kondusif bagi tumbuh dan berkembangnya kepariwisataan.


Dengan demikian untuk menciptakan SDM pariwisata yang kapabel, lembaga pendidikan kepariwisataan sangat berperan dalam mengembangkan sumber daya pariwisata. Lembaga pendidikan baik tingkat SMK pariwisata sampai pendidikan tinggi merupakan andalan dalam mencetak SDM pariwisata profesional.


Seperti diketahui, sektor pariwisata merupakan sektor yang paling terpukul karena pandemi Covid-19. Untuk itu dalam kurikulum lembaga pendidikan perlu ditambah dengan aspek pelayanan kesehatan bagi wisatawan agar mereka nyaman ketika berwisata.


Kita juga berharap pandemi Covid-19 segera berakhir, agar sektor pariwisata kembali menggeliat untuk melakukan ativitasnya. Di samping itu, kita juga sangat mengapresiasi langkah-langkah yang dilakukan pemerintah guna mengangkat kembali sektor pariwisata yang pernah menjadi andalan devisa negara. Sebagaimana promosi yang dilakukan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno yang terus menggencarkan promosi dan pengembangan Desa Wisata di Indonesia. Sebab berdasarkan banyak penelitian, Desa Wisata diyakini merupakan simbol kebangkitan ekonomi nasional.


(Oleh: Drs. Ch. Dwi Anugrah, M.Pd., Guru Seni Budaya Bidang Keahlian Pariwisata SMK Wiyasa Magelang)

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar