Kenali Ragam Media Sosial dan Kegunaannya

Dilihat 202 kali
Akun Instagram Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Magelang


Penggunaan media sosial / medsos kini semakin familiar di kalangan masyarakat, mulai dari sekedar media untuk mengekspresikan perasaan, fikiran, bahkan emosi. Tidak sebatas itu, kini instansi Pemerintah pun mulai menggencarkan penggunaan medsos untuk menyampaikan beragam informasi kegiatan maupun kebijakan yang akan diterapkan.

Tapi tahukah kamu, medsos yang selama ini kita kenal ternyata memiliki karakteristik berbeda, yang juga menentukan materi informasi seperti apa yang bisa kita tampilkan dalam medsos tersebut. Yuks kenali beberapa karakteristik media sosial supaya bisa berguna maksimal untuk diseminasi informasi!


Social Networking

Media sosial ini memungkinkan adanya interaksi antar pengguna. Interaksi tidak hanya berupa pesan teks, tapi juga foto dan video yang memungkinkan untuk ditanggapi dalam kolom komentar. Semua posting (publikasi) merupakan real time, memungkinkan anggota untuk berbagi informasi seperti apa yang sedang terjadi (Saxena, 2014). Yang termasuk jenis medsos Social Networking diantaranya adalah Facebook, Path, dan Pinterest.


Blog

Blog adalah media sosial yang memberi kesempatan pada seseorang untuk mengunggah aktivitasnya sehari-hari, menyalurkan hobi menulis, berbagi cerita perjalanan wisata, juga wisata kuliner. Dalam blog juga bisa saling mengomentari, dan berbagi baik itu tautan web lain, informasi dan sebagainya. Beberapa hosting populer yang menyediakan fasilitas blog gratis di antaranya blogspot.com dan wordpress.com.


Microblogging

Tidak berbeda dengan jurnal online/ blog, media sosial ini memberi wadah bagi penggunanya untuk mengunggah aktivitas keseharian, namun dalam karakter terbatas. Untuk medsos Twitter, pengguna dibatasi untuk menunggah status dalam 140 karakter. Twitter juga memungkinkan penggunanya untuk mengunggah foto dan saling berkomentar dengan fitur reply dan retweet.


Media Sharing

Media Sharing adalah media berbagi ini memungkinkan pengguna untuk mengunggah berbagai macam bentuk file, mulai dari file doc, audio, video, gambar, dan sebagainya. Contoh media sharing adalah Instagram, Youtube dan Google Drive.


Social Bookmarking

Penanda sosial atau social bookmarking merupakan media sosial yang bekerja dengan aktivitas pengguna untuk mengorganisasi, menyimpan, mengelola, dan mencari informasi atau berita tententu secara online. Contohnya adalah situs-situs gaya hidup online seperti Kapanlagi.com dan Fimela.com.


Wiki

Media sosial ini memiliki konten yang berisi hasil kolaborasi para penggunanya, mirip dengan kamus atau ensiklopedi online. Siapapun bisa mengubah konten dalam situs Wikipedia, sehingga harus berhati-hati ketika kita mengutip informasi dari laman ini.


Instant Messenger

Media social yang paling populer saat ini adalah instant messenger atau pengirim pesan instan. Dalam hitungan realtime, pesan yang kita kirimkan melalui instant messenger bisa langsung sampai ke tujuan. Karena kecepatannya, instant messenger kini kian menjamur di kalangan masyarakat dan berbagai usia. Beberapa aplikasi instant messenger yang populer di antaranya Blackberry Messenger, Whatsapp, Telegram, dan Facebook Messenger.


Dengan mengetahui karakteristik media sosial, diharapkan kita bisa memilih medsos mana yang akan kita gunakan agar maksud dan tujuan informasi bisa sampai pada masyarakat. Berbeda konten, berbeda pula medsos yang kita gunakan. Misal kita ingin menunggah Narasi Tunggal atau Siaran Pers Pemerintah bisa memilih Facebook atau Fanpage yang memiliki jumlah karakter tidak terbatas, tapi jika kita ingin menunggah materi berupa gambar atau infografis, Instagram atau Twitter bisa menjadi pilihan, tentu saja dengan caption atau keterangan foto yang tidak terlalu panjang, dan memilih hashtag atau tanda pagar (#) tertentu agar postingan kita viral di media sosial. Dan yang paling penting, harus bijak menggunakan media sosial ya! 


Fany Rachma - Redaktur BeritaMagelang.id


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar