Puluhan Anak Ikuti Khitanan Masal

Dilihat 385 kali
Anak-anak peserta khitanan masal berfoto berasama Ketua MWC Haji Sobikhan dan pengurus NU Care, Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama.

BERITAMAGELANG.ID - NU Care, Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama Secang, menggelar Khitanan Masal, yang melibatkan 24 anak se Kecamatan Secang. Kegiatan dilaksanakan di Gedung Majelis Wakil Cabang (MWC) Pucang Secang Magelang, Minggu (22/12).


Ketua Panitia kegiatan tersebut, Wasiqurrahman mengatakan, prosesi khitanan dalam kemasan kirab dimulai dari Balai Desa Pucang.


"Dilakukan kirab anak-anak peserta khitanan masal, lengkap dengan iringan drumband," ucap Wasiqurrahman.


Wasiqurrahman menerangkan kegiatan ini kali pertama dilaksanakan, dengan animo masyarakat yang antusias.


"Masyarakat sangat antusias, untuk mendaftar khitan masal dan mengukuti kirab," papar Wasiqurrahman.


Bendahara Laziznu Secang, Indriana Yuliastuti menerangkan, kegiatan tersebut adalah program utama dari Upzis NU Care Lazisnu Secang yang berdiri sejak Januari 2018, dengan program Ambulance & KOIN NU.


Pembelian Ambulance NU Secang dengan cara menggalang donatur dengan kesanggupan Rp 1 juta yang diangsur selama setahun berhasil mendapatkan 294 orang dan mengumpulkan dana sebesar Rp 239.174.346. Dana itu digunakan untuk membeli mobil Rp 185.950.000, untuk karoseri Rp 31.000.000 dan untuk garasi Rp 17.043.000 sisanya digunakan untuk membantu operasional ambulance. 


Ambulance NU Secang beroperasi gratis untuk warga Secang tujuan wilayah kabupaten Magelang sedangkan

di luar wilayah kabupaten Magelang dikenakan tarif Rp 7500/km. 


“Sampai dengan hari ini total trip ambulance 214 trip dengan tujuan paling jauh mengantar jenazah ke Palembang," ungkap Indriana.


Adapun program Kotak Infaq NU (KOIN NU) merupakan salah satu cara untuk menggali dana dari warga NU dengan cara menyebar kotak infaq. 


Program ini dimulai 2016 sampai dengan November 2019 berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp 114.781.300 dengan sistem setoran 50% untuk ranting dan 50% untuk MWC.


"KOIN NU dipergunakan untuk Bidang Tanggap Bencana yaitu donasi untuk gempa Palu, Lombok, Donggala, bencana puting beliung, donasi untuk kebakaran rumah Banser. Bidang Kesehatan yaitu santunan untuk penderita kanker, khitanan masal. Dan Bidang Ekonomi yaitu untuk membantu meningkatkan taraf hidup masyarakat," kata Indriana.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar