Keterlibatan Generasi Milenial Jadi Harapan Baru PKK

Dilihat 1446 kali
Sosialisasi dan praktek pemanfaatan lahan pekarangan

BERITAMAGELANG.ID--Koordinator PKK Milenial Kabupaten Magelang Rayndra Syahdan Mahmudin bersama Ketua TP PKK Kecamatan Dukun Ny. Widyah Amin Sudrajat, melaksanakan pelatihan Pemanfaatan lahan pekarangan rumah tangga yang dilaksanakan di BPP Kecamatan Dukun, Rabu (19-8-2020).


Ketahanan pangan akan tetap menjadi permasalahan pokok dii sebagian besar negara di dunia seiring dengan semakin besar jumlah penduduk, peningkatan daya beli dan dinamika iklim global.


Upaya membangun ketahanan pangan keluarga, salah satunya dapat dilakukan dengan memanfaatkan sumber daya yang tersedia, diantaranya melalui pemanfaatan lahan pekarangan.


Lahan pekarangan memiliki potensi dalam penyediaan bahan pangan keluarga, mengurangi pengeluaran rumah tangga untuk membeli bahan pangan dan meningkatkan pendapatan rumah tangga petani. Sejumlah kendala terkait masalah sosial, budaya, dan ekonomi masih dijumpai dalam program pemanfaatan  lahan pekarangan. 


Belum membudayanya budidaya pekarangan secara intensif, masih bersifat sambilan, dan belum berorientasi pasar, kurang tersedianya teknologi budidaya spesifik pekarangan, serta proses pendampingan  yang belum maksimal menjadi kendala usaha ini.


Permasalahan tersebut dijawab oleh Ketua TP PKK Kabupaten Magelang Ibu Tanti Zaenal Arifin dengan membentuk PKK Milenial di Kabupaten Magelang bahkan sudah dibentuk hingga tingkat kecamatan. Hal ini bertujuan agar PKK Milenial salah satunya bertugas dalam pendampingan pemanfaatan lahan pekarangan.


"Generasi milenial tentu akan lebih akseleratif dalam menerima teknologi di bidang pertanian, terutama dalam pemanfaatan lahan pekarangan," kata Christanti Zaenal Arifin.


Sosialisasi pemanfaatan lahan pekarangan harus dilakukan terus menerus dan harus melibatkan anak-anak muda. Kita ketahui bersama bahwa di era pandemi COVID-19 ini kita diharuskan untuk menghemat pengeluaran, dan salah satunya adalah pengeluaran belanja bahan makanan untuk di konsumsi setiap harinya.


"Dengan sosialisasi dan pendampingan yang dilakukan secara masif harapannya masyarakat dengan sukarela melakukan program pemanfaatan lahan pekarangan ini untuk mengurangi pengeluaran dalam membeli kebutuhan pokok terutama sayuran," kata Rayndra, Koordinator PKK Milenial Kabupaten Magelang. *)Rep. Rayndra

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar