Ketep Summit Festival Dimulai Besok, Cek Rundownnya Sekarang

Dilihat 643 kali
Rundown Ketep Summit Festival 2022
BERITAMAGELANG.ID - Untuk peningkatan Promosi Daya Tarik Wisata Ketep Pass dan potensi wisata alam dan budaya sekitar Merapi Merbabu, Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Magelang untuk keempat kalinya, akan mengadakan Event Ketep Summit Festival 2022, event ini cukup sukses dilaksanakan sebelumnya, meskipun selama 2 (dua) tahun tidak dilaksanakan karena pandemi Covid-19.

Event ini akan digelar pada Jumat sampai dengan Minggu, 2-4 Desember 2022 di objek wisata Ketep Pass. Keindahan alam dengan view megahnya Gunung Merapi serta sunrise Merapi menjadi salah satu daya tarik tersendiri.

"Tingkat kunjungan wisatawan meningkat selama pelaksanaan festival dengan kuantitas dan kualitas wisatawan yang cukup baik, dibuktikan dengan banyaknya wisatawan yang tinggal dan menginap di homestay maupun camping ground yang disediakan selama festival dilaksanakan," ucap Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Magelang, Slamet Achmad Husein, dalam jumpa pers dengan awak media di Ketep Pass Resto, Rabu (30/11/2022).

Ketep Summit Festival 2022 mengambil tema Symphoni Rindu, yang mengandung arti pada sebuah sebuah kerinduan alam ruang dan waktu berekspresi berkarya. Semenjak terbelenggu pandemi. Terbelenggunya ruang dan waktu melumpuhkan sendi-sendi kehidupan.

"Pada akhirnya dua tahun lalu meskipun belum sepenuhnya usai, namun kita harus tetap melanjutkan berekspresi, berkarya melalui ruang dan waktu agar kehidupan terus berjalan pulih lebih cepat bangkit lebih kuat," terang Husein.

Merapi dan Merbabu Kabupaten Magelang memiliki potensi alam dan budaya yang sangat besar apabila dikemas sebagai daya tarik wisata dengan kreativitas dan inovasi akan dapat mendorong pertumbuhan sektor ekonomi masyarakat Kawasan Gunung Merapi dan Merbabu khususnya Ketep Pass.
Konsep culture yang kuat dalam event yaitu dengan tampilan kesenian daerah Kabupaten Magelang.

Penampilan Sendratari Candramuka dari Sanggar Kinara Kinari Borobudur yang menceritakan tentang Gunung Merbabu dengan kehidupan masyarakatnya. Selain itu juga ada penampilan pertunjukan kesenian topeng ireng Sekar Rimba Indonesia.

Wisatawan juga akan disuguhi Konser Sympony Rindu dari band-band lokal daerah dan puncak acara dengan penampilan bintang tamu utama Guyon Waton. Selama festival akan disajikan ragam kuliner dan kerajinan UMKM yang menarik dan dalam pembukaan Event Ketep Summit Festival akan disuguhkan minum kopi bersama (Ketep Coffe Night).

Kegiatan ini mempunyai tujuan menjadikan Ketep Summit Festival sebagai event wisata unggulan di Kabupaten Magelang yang mampu meningkatkan perekonomian masyarakat dan menambah lama tinggal wisatawan.

Membuka wisata baru di kawasan Ketep Pass (Launching Jeep Jelajah Merapi Merbabu), menciptakan citra positif Kabupaten Magelang sebagai destinasi wisata favorit yang mengakomodir keanekaragaman seni dan budaya, sebagai acara / media pemersatu antar komunitas seni dan budaya serta pelaku wisata untuk mempromosikan pariwisata Kabupaten Magelang terutama Ketep Pass.

"Melestarikan kesenian rakyat Kabupaten Magelang, sebagai potensi wisata budaya yang mampu menarik wisatawan, Meningkatkan perputaran roda perekonomian selama pelaksanaan event," papar Direktur Badan Pengelola Objek Wisata (BPOW) Ketep Pass Magelang, Mul Budi Santoso.

Berikut Jadwal Event Ketep Summit Festival 2022:

Agenda Kegiatan Festival Seni Budaya KSBN
Jumat, 2 Desember 2022
Pukul 09.00 WIB

Lomba Kesenian Tradisional Hari Sabtu
Sabtu, 3 Desember 2022
Pukul 08.00 WIB

Acara Puncak Ketep Summit Festival
Sabtu, 3 Desember 2022
Pukul 19.00 WIB

Lomba Kirab Gunungan
Minggu, 4 Desember 2022
Pukul 08.00 WIB

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar