Ketep PASS Buka Kembali 21 Juli

Dilihat 245 kali
Kepala dinas Pemuda, olahraga dan pariwisata kabupaten Magelang, Iwan Sutiarso saat meninjau persiapan pembukaan DTW Ketep Pass, Senin (20/7/2021)

BERITAMAGELANG.ID - Daya Tarik Wisata (DTW) Ketep Pass yang berada di Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, kembali akan dibuka pada Selasa (21/7/2020). Namun, setelah pandemi Covid-19, operasional hanya 6 hari dalam satu minggu, dimulai dari Selasa sampai Minggu.


"Sebelumnya manajemen Ketep Pass belum pernah libur, kini setelah pandemi kami buka dari Selasa sampai Minggu saja," terang Kepala Bagian Pemasaran dan Promosi Ketep Pass, Edwar Alfian yang dihubungi Senin (20/7/2020).


Saat tutup, maka akan digunakan untuk sterelisasi area, seperti penyemprotan dengan disinfektan dan bersih-bersih.


Menurut Edwar, pembukaan DTW yang tutup sejak 16 Maret karena pandemi Covid-19, berdasarkan surat Bupati Magelang tentang izin Penyelenggaraan kegiatan/usaha nomor 100/312/01.01/2020.


Untuk jam operasional kunjungan dimulai pukul 07.00 sampai 16.00 wib. Dalam tahap awal, fasilitas bioskop Ketep Vulcano Center belum dibuka, sampai menunggu evaluasi  pelayanan. Sedangkan kunjungan wisatawan juga masih dibatasi hanya 20 persen saja dari kunjungan normal 2.500 pengunjung.


Menurut Ian, panggilan akrabnya, sejak jauh-jauh hari, manajemen telah mempersiapkan pembukaan kembali Ketep yang merupakan obyek wisata gardu pandang gunung Merapi dan Merbabu.


Persiapan yang dilakukan adalah dengan menambah tempat cuci tangan/wastafel, pengaturan arus pengunjung, memasang rambu-rambu protokol kesehatan.


Bahkan pihaknya sudah melakukan simulasi dan membuat video simulasi panduan wisata di Ketep Pass. "Pastinya layanan kunjungan di Ketep Pass akan diterapkan secara ketat sesuai protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah," tegas Ian.


Seperti pengunjung wajib memakai masker, cek suhu tubuh, cuci tangan/menggunakan hand sanitizer, jaga jarak, tidak berkerumun, menyemprot disinfektan secara berkala," ucapnya.


Manajemen juga akan memastikana petugas saat bertugas dalam kondisi sehat dan melakukan pelayanan sesuai protokol kesehatan.


Untuk tiket tanda masuk tidak berubah, tetap Rp.10.500 untuk Selasa sampai Sabtu, sedangkan Minggu Rp.12.500. Tiket itu sudah termasuk fasilitas museum Volcano Center dan asuransi pengunjung.


Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Magelang, Iwan Sutiarso membenarkan, DTW Ketep Pass mulai dibuka lagi operasionalnya pada Selasa (21/7/2020).


Disparpora akan melakukan kerjasama dengan pemangku kepentingan, untuk mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan. Seperti bila terjadi kerumunan dan semacamnya.


Ia juga menyebutkan, setelah ditutup sejak 16 Maret lalu, kini sudah ada 14 DTW yang dibuka. Beberapa diantaranya candi Borobudur, Pawon, Mendut, Bukit Rhema, dan beberapa Balkondes serta Desa Wisata.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar