KERAPU Dorong Peningkatan Konsumsi Ikan Masyarakat Pegunungan

Dilihat 167 kali
Ketua Kerapu Abdul Kadir Karding dalam Program Forikan mengajar di SMA Negeri 1 Mungkid Kabupaten Magelang.

BERITAMAGELANG.ID - Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Jawa Tengah bersama Keluarga Alumni Perikanan Universitas Diponegoro (Kerapu) berkomitmen meningkatkan komsumsi ikan bagi masyarakat pegunungan melalui kampanye oleh generasi milenial.


Ketua Kerapu Abdul Kadir Karding mengatakan pihaknya akan mendorong pemerintah agar menjamin suplai ikan bagi warga pegununan melalui budidaya ikan air tawar mandiri. Selain mendapat suplai ikan dan meningkatkan gizi anak-anak, upaya itu juga menambah sumber ekonomi keluarga.


Selain budidaya, pasokan ikan bagi masyarakat pegunungan dapat dilakukan melalui pengadaan ikan-ikan asap bersubdi dari pemerintah daerah.


"Problemnya selama ini mereka tidak diperkenalkan, tidak dipasok. Solusinya melalui budidaya ikan yang gampang diajarkan,” kata Karding di sela kegiatan Program Forikan mengajar di SMA Negeri 1 Mungkid Kabupaten Magelang Senin (02/12/2019).


Kegiatan yang digelar Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah melalui Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional (FORIKAN) itu diikuti ratusan siswa SMA se Kabupaten/Kota Magelang.


Dengan tema Komsumsi ikan meningkatkan daya saing bangsa, dalam acara itu juga digelar menari ikan bersama dan pentas musik.


Lebih lanjut, ia menambahkan guna meningkatkan komsumsi ikan di masyarakat, Kerapu, dan Pemerintah Propinsi Jawa Tengah akan berupaya mengkampanyekan gemar makan ikan melalui kalangan sekolah dan pondok pesantren. Karena dari sisi umur para siswa SMA lebih efektif dalam mengkampanyekan makanan berkualitas berbahan ikan, bergizi tinggi yang murah dan mudah diperoleh.


"Mereka anak-anak SMA adalah influencer yang efeketif mengkampanyekan mengkomsi ikan di sekitar mereka," ujar Karding.


Guna meningkatkan konsumsi ikan masyarakat pelosok pegunungan, Kerapu mendorong Pemerintah menyediakan pasokan ikan murah. Pembelian ikan murah bagi masyakarat itu bisa dilakukan melalui subsidi dan ketersediaan sarana pendukung seperti pengecer ikan keliling maupun pasar ikan.


"Kita juga mendorong pemerintah untuk mensubsidi pembelian ikan Omega 3, kita berharap seperti itu nanti," pungkas Anggota Komisi I DPR RI tersebut.



Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar