Kemenaker Gelar Rapid Test Untuk Pekerja Sektor Pariwisata

Dilihat 240 kali
Mentri Tenaga Kerja Ida Fauziah meninjau langsung pelaksanaan rapid test bagi pekerja wisata, di Ketep Pass Sawangan Kabupaten Magelang, Selasa (1/9/2020)

BERITAMAGELANG.ID--Ratusan warga yang bekerja di sektor pariwisata, mengikuti rapid tes gratis, yang diadakan Kementrian Tenaga Kerja (Kemenaker) RI di Obyek Wisata Ketep Pass, Sawangan, Kabupaten Magelang. Kegiatan ini digelar guna mencegah penyebaran virus Corona. "Kita harus antisipasi supaya Covid-19 tidak menyebar kemana-mana," terang Titis Mudia Palupi, Koordinator lapangan, dari Kemenaker di sela-sela kegiatan, yang berlangsung Selasa (1/9/2020) kemarin.


Kegiatan ini sudah mulai dilaksanakan pada 30 Agustus lalu dan berlangsung selama 3 hari. Dari target 500 pekerja sektor wisata, di hari ketiga hanya sekitar 400 yang mengikuti.


Menurut Titis, tidak terpenuhinya jumlah yang di rapid, karena masih ada paradigma kalau tes rapid justru menyusahkan mereka. "Padahal sebetulnya kita ingin agar mereka bisa lebih waspada dan jaga diri serta bisa mencegah penularannya ke warga sekitar," katanya.


Para tenaga kerja yang mengikuti rapid tes, terdiri dari pedagang di seputar obyek wisata, perhotelan, restoran dan pengelola wisata.


Sementara itu, dr Romauly Sirait sebagai pemeriksa menambahkan, dari ratusan yang di rapid test, ada 4 orang yang reaktif. Mereka yang reaktif akan segera ditindaklanjuti untuk di swab. "Yang reaktif belum tentu positif, bisa jadi mereka sedang masuk angin dan sejenisnya. Tetap kita tindak lanjuti," terangnya.


Pada kesepatan yang sama, Kabid Pemasaran dan promosi Ketep Opass, Edward Alfian menyambut baik kegiatan rapid tes yang diadakan Kemenaker, terhadap para pekerja yang bekerja di sektor pariwisata. Karena mereka adalah orang-orang yang banyak berhubungan dengan orang lain, sehingga perlu dijaga kesehatannya. Dalam pelaksanaan rapid tes tersebut, ditinjau langsung oleh Menteri Tenaga Kerja RI, Ida Fauziah.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar