Kembalikan Mata Air, Lereng Merapi Dihijaukan

Dilihat 1678 kali
Relawan hijaukan lereng Gunung Merapi.
BERITAMAGELANG.ID - Guna memulihkan mata air, sebanyak 1.100 bibit pohon ditanam di lereng Gunung Merapi, tepatnya di Bhumi Perkemahan Klampahan, Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang, Minggu (27/12/2020). Kegiatan ini diinisiasi Forum Merapi Merbabu Hijau (FMMH).

"Kegiatan ini sudah rutin dilakukan setiap tahun. Tujuan utamanya adalah untuk memulihkan mata air di sekitar lereng Gunung Merapi," kata Koordinator FMMH, Jadmiko, di sela penanaman.

Selain untuk memulihkan mata air, kata Jadmiko, kegiatan ini juga untuk menjaga keseimbangan alam. Dalam kegiatan kali ini, ada puluhan relawan yang terlibat.

"Sebenarnya ada beberapa relawan dan komunitas lagi yang mau terlibat, namun karena pandemi Covid-19, kami membatasi jumlah pesertanya. Dalam kegiatan ini, kami juga tetap menggunakan protokol kesehatan sangat ketat," jelasnya.

Jenis bibit yang ditanam diantaranya gayam, ipik, aren dan kelengkeng. Relawan yang terlibat, diantaranya komunitas Linang Sayang, Bagana Banser Tanggap Bencana, IPPNU, Saka Rescue, Garuda Menoreh dan lainnya.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar