Kelompok Seni Magelang Terima Bantuan Kostum dan Alat Musik Tradisional

Dilihat 1453 kali
Kelompok seni Saung Kinanthi Bawang dari Dusun Pongangan, Desa Ngadirejo, Kecamatan Salaman, menerima bantuan Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial (PSKBS) bersama Dinas Sosial Provinsi Jateng dan Dinas Sosial Kabupaten Magelang.

BERITAMAGELANG.ID - Demi mengaktualisasi nilai-nilai kearifan lokal untuk menjaga mental masyarakat agar tetap terjaga dari paham-paham radikalisme dan terorisme, Kementerian Sosial melalui Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial (PSKBS) bersama Dinas Sosial Provinsi Jateng dan Dinas Sosial Kabupaten Magelang menyalurkan bantuan kepada kelompok kesenian di Magelang. 


Program kearifan lokal Kementerian Sosial disalurkan kepada kelompok seni Saung Kinanthi Bawang, sebuah kelompok seni musik tradisi Kinanthi serta pencak silat, yang berasal dari Dusun Pongangan, Desa Ngadirejo, Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang.


Kepala Desa Ngadirejo, Nurkhamid mengatakan, bantuan tersebut untuk mengembangkan budaya lokal yang sudah ada sejak zaman dahulu kala, maka harus terus dilestarikan. 


"Terima kasih kepada Kementerian Sosial melalui Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial (PSKBS) yang telah ikut serta dalam upaya pelestarian budaya di tempat kami demi mencegah radikalisme, mencegah konflik sosial dan ketahanan masyarakat dengan merawat kearifan lokal,” ucap Nurkhamid, Jumat (14/1).


Bantuan berupa kostum pentas serta alat musik tradisional bertujuan untuk menguatkan ekonomi kreatif masyarakat.


Diketahui, dalam penyaluran bantuan, turut hadir pihak Dinsos Kabupaten Magelang, dan anggota kelompok kesenian setempat serta sejumlah warga.


Penyuluh Sosial Ahli Muda pada Dinas Sosial PPKB PPPA Kabupaten Magelang, Prasetya Sakti menuturkan, dengan adanya bantuan tersebut diharapkan mampu memberikan pengaruh postitif terhadap kegiatan masyarakat dalam bidang ekonomi kreatif.


"Harapan kami dengan adanya bantuan ini semoga dapat bermanfaat bagi masyarakat dalam hal ini kelompok seni Saung Kinanthi Bawang Dusun Pongangan, Desa Ngadirejo, Kecamatan Salaman," tutur Prasetya Sakti.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar