Komunitas Seni Brayat Panangkaran Borobudur Pentas di Pekan Kebudayaan Nasional

Dilihat 2151 kali
Atraksi tari Kidung Karmawibangga oleh Brayat Panangkaran Kabupaten Magelang

BERITAMAGELANG.ID - Komunitas seni Brayat Panangkaran Borobudur Kabupaten Magelang menjadi duta budaya di Pekan Budaya Nasional (PKN) Tahun 2019.


Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) tahun 2019 digelar mulai 7-13 Oktober di Jakarta.


"Pentasnya di Istora Senayan Jakarta Selasa (8/10) besok," kata sesepuh Brayat Panangkaran Borobudur, Sucoro, Senin (7/10).


PKN merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).


Kegiatan tersebut merupakan wujud implementasi dari agenda strategi pemajuan kebudayaan yang telah disepakati dalam Kongres Kebudayaan Indonesia 2018, yaitu menyediakan ruang bagi keberagaman ekspresi budaya, serta mendorong interaksi budaya guna memperkuat kebudayaan yang inklusif.


Menurut Sucoro, Brayat Panangkaran Borobudur, mewakili Provinsi Jawa Tengah bersama kelompok kesenian dari Solo dan Semarang.


Komunitas Brayat Panangkaran, merupakan wadah berekspresi para pelaku seni tradisional di wilayah Karesidenan Kedu yakni Kabupaten Magelang, Temanggung, Purworejo, Kebumen dan Wonosobo.


"Kita akan menampilkan sendratari 'Kidung Karmawibangga' bertajuk Prahara Bhumi Shambara," tutur Sucoro.


Prahara Bhumi Shambara, lanjutnya merupakan manifestasi dari kisah kerajaan Kanaya sesuai panel relief di Candi Borobudur. Kerajaan itu hancur akibat ambisi perebutan tahta kekuasaan.


"Durasinya 45 menit, dengan jumlah penari dan penggamel 42 orang," pungkasnya.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar