Keberpihakan Ganjar Terhadap BUMDES Menuai Pujian

Dilihat 350 kali

BERITAMAGELANG.ID -- Sebanyak 36 Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) di Kabupaten Magelang ditunjuk oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah untuk menyalurkan Bantuan Kebutuhan Pokok kepada masyarakat terdampak Covid-19. BUMDES ditunjuk sebagai penyedia Bahan Kebutuhan Pokok, yang penyalurannya dilaksanakan oleh  PT. POS Indonesia. Dari tiga tahap yang direncanakan, baru terlaksana dua tahap. Yang tahap ketiga dijadwalkan awal bulan Agustus 2020.


Widodo, Ketua Forum BUMDES Kabupaten Magelang mengatakan langkah yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah yang dipimpin Gubernur Ganjar Paranowo ini sangat tepat. Mengingat Covid-19 memberikan dampak yang luar biasa bagi masyarakat maupun BUMDES itu sendiri sebagai penggerak kegiatan ekonomi di desa.


"Langkah yang dilakukan Gubernur Ganjar Pranowo sangat tepat. Selain memberikan bantuan langsung kepada masyarakat, juga menjadi stimulan usaha bagi BUMDES", ujarnya ketika dihubungi melalui pesan singkat Minggu (2/8/2020).


BUMDES merupakan Badan Usaha yang dibentuk oleh desa melalui mekanisme musyarawah yang bertujuan untuk meningkatkan kesejeahteraan masyarakat desa. Oleh karena itu, BUMDES merupakan lembaga resmi yang bergerak dibidang usaha yang dalam kepengurusannya diatur melalui Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga yang jelas.


"Jadi BUMDES itu disamping badan usaha yang bertujuan untuk melakukan kegiatan yang bersifat bisnis, namun juga memiliki tanggung jawab sosial pada masyarakat. Bagaimana masyarakat bisa berdaya dan mandiri secara ekonomi dan lain sebagainya". tambahnya.


"Harapannya, kedepan jika ada program-program dari Pemerintah Pusat, provinsi maupun kabupaten yang ditujukan kepada masyarakat, agar melibatkan BUMDES agar bisa berkelanjutan". pungkasnya.


Dalam kesempatan terpisah, Danang Pambudi, dari Dispermadesdukcapil Provinsi Jawa Tengah ketika melakukan kunjungan ke salah satu BUMDES penyedia bantuan kebutuhan pokok beberapa pekan lalu mengatakan bahwa bantuan bahan pokok kepada masyarakat melalui BUMDES agar tidak hanya masyarakat saja yang terbantu, namun juga BUMDES bisa ikut bangkit.


"Bantuan kepada masyarakat melalui BUMDES ini agar masyarakat terdampak Covid-19 bisa terbantu. Disamping itu, agar BUMDES juga ikut bangkit. Karena bagaimanapun juga BUMDES adalah badan usaha yang ada di desa dan ikut menggerakkan ekonomi di desa", ujarnya.


Namun perlu diingat, barang yang disediakan oleh BUMDES juga harus sesuai spesifikasi yang telah ditentukan. Artinya kualitasnya bagus. Apabila nanti ditemukan ada yang tidak sesuai dengan spesifikasi akan langsung ditindak. Kedepan mudah-mudahan ada program lagi yang melibatkan BUMDES.


"Barang harus sesuai spesifikasi yang telah ditentukan. Baik jenis maupun kualitasnya. Jika ternyata ditemukan tidak sesuai spesifikasi yang telah ditentukan, akan langsung ditindak. Selama ini pelaksanaanya sudah cukup bagus", pungkasnya. (rfq)

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar