Kebakaran Hutan Gunung Merapi Padam, Petugas Lakukan Penyisiran Titik Api

Dilihat 86 kali
Personil gabungan menyisir kebakaran hutan Taman Nasional Gunun Merapi, Senin (19/8).

BERITAMAGELANG.ID - Penyisiran titik api kebakaran di Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) di Kabupaten Magelang digelar, Senin (19/8).


Medan terjal berdebu, memaksa ratusan personil gabungan TNI, Polri, Polhut, TNGM, BPBD, dan masyarakat berjibaku membuka akses menuju petak 36, yang diduga terdapat titik api.


Tim gabungan itu menyisir dari dua jalur yakni Jurang Jero Desa Ngargosuko Kecamatan Srumbung dan zona Sumber Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang.


Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Magelang Edy Susanto mengatakan, untuk koordinasi penanganan kebakaran hutan melalui Jurang Jero melibatkan ratusan personil dari TNGM, TNI, POLRI, BPBD, PMH, Pemdes setempat, Dinas kehutanan dan Lingkungan Hidup (Provinsi), Relawan dan masyarakat.


"Total personil yang terlibat kurang lebih 500 personil. Rencana pemadaman dibagi menjadi 2 titik lokasi yaitu di petak 8D dan petak F.87," kata Edy, Senin (19/8).


Sementara dari wilayah Ngargosuko upaya penyisiran hingga radius 3 km dari puncak Merapi tim gabungan tidak menemukan titik api.


"Penyisiran hingga puncak bukit 'bokong semar' (salah satu puncak bukit Merapi) ini aman. Tidak ditemukan asap titik api maupun kabut," kata Kepala Resort Dukun TNGM Suwiknyo di lokasi.


Meski demikian, pihak TNGM akan meningkatkan kewaspadaan untuk mengantisipasi kebakaran susulan.


"Teman teman kita tetap standby untuk mengantisipasi jika terjadi segala sesuatu," ungkapnya.


TNGM mengimbau agar warga yang beraktivitas mencari rumput menjaga kondisi dengan tidak membuang puntung rokok sembarangan.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar