Kebakaran Gunung Merbabu, Dua Pendaki Singapura Ditemukan Selamat

Dilihat 641 kali
Pendaki Gunung Merbabu asal Singapura Thomas Land dan Ng Shang Jie

BERITAMAGELANG.ID - Terbakarnya kawasan hutan Taman Nasional Gunung Merbabu membuat ratusan pendaki yang datang dari berbagai daerah diminta turun dan tidak melanjutkan perjalannya. Tercatat 102 pendaki berada di Gunung Merbabu pada Kamis (12/9), dua diantaranya merupakan warga negara Singapura yang sempat hilang kontak.


Kedua pendaki asal Singapura itu yakni Thomas Land dan Ng Shang Jie, beserta ratusan pendaki lainnya terpaksa harus mengurungkan niatnya untuk mencapai puncak Gunung Merbabu setelah kawasan hutan terbakar dan jalur pendakian ditutup pada Rabu (11/9) malam.


Kedua pendaki mancanegara tersebut naik pada hari Selasa (10/9) siang ditemani seorang porter (petunjuk jalan) melalui jalur pendakian Dusun Swanting Desa Banyuroto, Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang.


Saat kebakaran mulai terjadi, kedua pendaki itu sempat hilang kontak di kawasan Pos 2 Gunung Merbabu.


"Dari 13 pendaki yang naik dan yang telah turun ke basecamp Swanting hingga malam ini, kedua pendaki itu belum melaporkan diri," kata pengelola Basecamp Swanting, Phile Haryanto kepada BeritaMagelang.id Kamis (12/9).


Setelah dilakukan koordinasi dengan pos pendakian lain, kedua pendaki itu ditemukan selamat dan telah bergabung dengan rombongan lain melalui jalur Selo Kabupaten Boyolali.


"Dari informasi, keduanya selamat, turun melalui jalur Selo Boyolali," terang Phile.


Sesuai pengumuman yang dikeluarkan dari pihak Taman Nasional Gunung Merbabu, semua jalur pendakian ditutup hingga batas waktu yang tidak ditentukan. Guna memastikan keselamatan semua pendaki, Polres Magelang melakukan pendataan di semua posko pendakian yang berada di bawah wilayah hukumnya.


"Kami telah mendapat informasi bahwa ada beberapa masyarakat yang pada Selasa kemarin mendaki Merbabu. Karena ada kejadian kebakaran itu, kami pihak Polres mengecek, memastikan semua pendaki sudah turun dari puncak atau belum," jelas Kabag Ops Polres Magelang Kompol Ngadiso di lokasi Basecamp Swanting.


Berdasar informasi yang dihimpun, lanjut Ngadiso, semua pendaki yang terdata di Basecamp Swanting memang telah turun dengan selamat.


"Hari ini kita pastikan mereka sudah turun. Dari 11 orang telah turun melalui jalur Swanting ini, dan dua orang turun melalui jalur Selo Boyolali," tegas Ngadiso.


Berdasarkan data BPBD Kabupaten Magelang, terdapat 102 pendaki yang sedang melakukan aktivitas pendakian di Gunung Merbabu dari tiga jalur yang ada di Kabupaten Magelang, yakni Wekas, Swanting dan Wonolelo.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar