Kawasan Taman Nasional Gunung Merapi Kembali Terbakar

Dilihat 1001 kali
Kebakaran hutan TNGM wilayah Srumbung Kabupaten Maagelang Jumat (23/8).

BERITAMAGELANG.ID - Kawasan hutan Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) di Kabupaten Magelang kembali terbakar Jumat (23/8) malam. Ratusan personil dikerahkan, mereka harus berjibaku memadamkan api secara manual.


Titik api pertama kali terlihat sekitar pukul 20.45 WIB.


"Lokasi yang terbakar berada di blok Gentong, Desa Ngargosuko, Kecamatan Srumbung Kabupaten Magelang" kata Kepala Resort TNGM Dukun, Wiryawan, Sabtu (24/8).


Proses pemadaman dilakukan secara manual oleh personil gabungan dari petugas Taman Nasional Gunung Merapi, Koramil dan Polsek Srumbung. BPBD Kabupaten Magelang, PMH, Pokwis, dan relawan.


"Personil sejumlah kurang lebih 220 orang. Pemadaman menggunakan alat manual dan api berhasil dipadamkan pukul 21.55 WIB," ungkap Wiryawan.


Karena faktor keselamatan, proses pemadaman terpaksa dihentikan, meski masih terlihat sejumlah titik api.


"Karena malam hari dan medan yang sulit sehingga beresiko terhadap keselamatan tim, maka malam jam 22.30 tim ditarik dari lokasi kebakaran untuk standby di pos gabungan di Jurangjero sambil terus memantau," papar Wiryawan.


Penyebab kebakaran belum diketahui. Sedangkan luas hutan yang terbakar mencapai 1,5 Ha. Selanjutnya, proses pemadaman dan penyisiran dilanjutkan pada Sabtu (24/8) pagi.


"Tim TNGM bersiap melakukan mop up (memastikan api dan bara benar-benar padam) dengan membawa alat penyemprot air jet shooter," pungkasnya.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar