Kali Pertama Selama Pandemi Covid 19, Kwarcab Pramuka Kabupaten Magelang Gelar Kegiatan

Dilihat 251 kali
PENGUKUHAN. Pembina Mahir Gerakan Pramuka se Kwarcab Kabupaten Magelang dikukuhkan pada Senin (6/7/2020).

BERITAMAGELANG - Kali pertama Kwarcab Pramuka Kabupaten Magelang adakan kegiatan selama masa pandemi Covid 19. Kali ini kegiatannya adalah pengukuhan Pembina Mahir Gerakan Pramuka se Kabupaten Magelang, bertempat di Sanggar Pramuka Kwarcab Magelang, Jl Balaputradewa Borobudur, Senin (6/7/2020).


Pengukuhan pembina mahir ini sebelumnya sudah diawali kegiatan Kursus Mahir Lanjutan (KML) pada bulan November kemarin. Peserta KML setiap kecamatan atau Kwarran mengirimkan tiga pembinanya, namun hanya 61 yang lulus sampai tahap penyelesaian Narakarya 2.


Ketua Kwarcab Magelang drs. H. Eko Triyono, mengatakan, Pengerjaan Narakarya 2 setelah KML sangatlah berat, terlebih enam bulan yang direncanakan tidak semuanya lancar, memasuki bulan Maret kegiatan narakarta 2 terkendala pandemik covid 19, akhirnya tugas dan giat narakarya 2 hanya bisa lewat daring (on line).


"Rampungnya Narakarya 2 patut disyukuri dengan segala kendala yang ada, khususnya pandemi Covid 19. Kami berpesan kepada peserta agar menjadi pembina mahir, sesuai semboyan Ki Hajar Dewantoro.


Kemudian senantiasa melaksanakan gerakan pramuka sesui undang undang pramuka no.12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka. Pendidikan kepramukaan merupakan salah satu pendidikan nonformal yang menjadi wadah pengembangan potensi diri serta memiliki akhlak mulia, pengendalian diri, dan kecakapan hidup untuk melahirkan kader penerus perjuangan bangsa dan negara," papar Eko.


Eko menambahkan, terdapat lulusan istimewa KML dan narakarya 2 kali ini ada peserta dari Polri, Aipda Donny yang kemarin 1 Juli hari Bayangkara mendapat pin emas dari Kapolri sebagai Polisi teladan nomor 1 dan juga ada Sunaryanto penggerak literasi masyarakat.


"Istemewanya keduanya bukan dari unsur istansi pendidikan," pungkas Eko.


Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar