Kali Ini Tambah 34 Orang Terkonfirmasi Positif Covid-19 dan 22 Sembuh

Dilihat 3009 kali

BERITAMAGELANG.ID - Jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Magelang, Senin (28/9/2020) kembali bertambah. Kali ini ada tambahan 34 orang, 7 diantaranya masing-masing berasal dari Kecamatan Salam dan Mertoyudan. Kemudian ada 6, 4, 3 dan 2 dari Secang, Tegalrejo, Salaman dan Grabag. Selain itu ada satu orang dari Sawangan, Mungkid, Muntilan, Tempuran dan Ngluwar.


"Selain itu juga ada satu pasien positif yang meninggal dari Tempuran. Meski demikian, hari ini ada 22 pasien positif yang sembuh. Enam diantaranya dari Kecamatan Candimulyo dan masing-masing empat orang dari Muntilan dan Secang. Kemudian ada tiga dan dua dari Kecamatan Salam dan Pakis serta masing-masing satu orang dari Borobudur, Srumbung dan Bandongan. Dengan tambahan 34 baru, satu meninggal dan 22 sembuh itu, jumlah akumulasi pasien positif menjadi 544 orang. Rinciannya, 30 dirawat di rumah sakit, 98 isolasi mandiri, 401 sembuh dan 15 meninggal," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi.


Sementara peta sebaran pasien positif di wilayah ini, lanjut Nanda, saat ini ada 17 dari 21 kecamatan yang warganya telah terpapar Covid-19. Paling banyak Kecamatan Mertoyudan dengan 28 orang. Kemudian Kecamatan Secang dan Candimulyo dengan 13 dan 12 orang. Disusul Kecamatan Salaman dan Salam dengan masing-masing 11 orang.


"Untuk Kecamatan Tegalrejo dan Grabag ada 10 dan 8 orang. Kemudian di Tempuran dan Bandongan dengan masing-masing 7 orang. Selanjutnya di Kecamatan Mungkid ada enam orang dan masing-masing empat orang dari Muntilan dan Ngablak. Untuk Kecamatan Sawangan ada tiga orang dan di Kecamatan Kajoran, Windusari, Ngluwar dan Dukun, dengan satu orang," sebutnya.


Sedang untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP), saat ini ada dua tambahan baru. Keduanya berasal dari Kecamatan Sawangan. Kemudian ada satu PDP yang alih status menjadi konfirmasi positif juga dari Sawangan. Meski demikian, ada saat ini ada satu PDP sembuh, berasal dari Windusari. "Dengan tambahan dua baru, satu alih status ke positif dan seorang sembuh itu, jumlah kumulatif PDP saat ini menjadi 544 orang. Rinciannya, 9 dirawat dirumah sakit, 473 sembuh dan 62 meninggal," lanjutnya.


Dengan masih adanya jumlah pasien terkonfirmasi positif dan PDP itu, menandakan jika Virus Corona di Kabupaten Magelang masih ada. Terkait hal itu, pihaknya minta kepada masyarakat agar mentaati Inpres No. 6 Tahun 2020 dan Perbup Kabupaten Magelang No. 38 Tahun 2020 tentang pendisiplinan dan penegakan hukum protokol kesehatan. Diantaranya melakukan pengecekan suhu tubuh, pakai masker, cuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, jaga jarak minimal satu meter dan menghindari kerumunan serta disiplin mematuhi protokol kesehatan. "Hal lainnya, mengkonsumsi makanan bergizi, olah raga yang cukup dan minum vitamin serta menjaga daya tahan tubuh," pungkasnya.*) Masarif

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar