Kado HUT Kota Mungkid, Pemkab Magelang Raih Digital Government Award

Dilihat 537 kali

BERITAMAGELANG.ID - Di Hari ulang tahun ke-39 Kota Mungkid, Pemerintah Kabupaten Magelang mendapat kado spesial, yaitu anugerah Digital Government Award Kategori Penguatan Kebijakan SPBE dari KemenPAN RB. Anugerah tersebut diserahkan pada forum SPBE Summit 2023 di Kempinski Grand Ballroom Hotel, Jakarta, Senin (20/3). Kegiatan ini digelar dalam rangka mewujudkan kedaulatan digital di Indonesia.


Pada acara tersebut dilakukan pemberian anugerah Digital Government Award kepada Instansi Pusat dan Pemerintah Daerah (IPPD) dengan enam kategori penerapan SPBE terbaik. Adapun kategori tersebut yakni Kategori Penerapan Layanan SPBE IPPD; Kategori Pencapaian Indeks SPBE IPPD; Kategori Peningkatan Indeks SPBE IPPD; Kategori Pelaksanaan Tata Kelola SPBE IPPD; Kategori Penguatan Kebijakan SPBE IPPD; dan Kategori Penerapan Manajemen SPBE IPPD.


Kepala Dinas Kominfo, Endra E. Wacana mewakili Bupati Magelang mengapresiasi diraihnya penghargaan tersebut. Menurutnya, ini bukanlah akhir dari perjuangan yang telah diupayakan bersama. Namun, penghargaan ini menjadi motivasi untuk meningkatkan pelayanan publik agar lebih baik lagi.


"Kemudian yang lebih penting kita harus meningkatkan mutu pelayanan kepada publik. Yakni tentang kejelasan prosedur, waktu, biaya, kenyamanan, sarana/prasarana, kedisiplinan, tanggung jawab, dan sebagainya," ujar Endra, Selasa (21/3).


"Sehingga SPBE yang baik tentu akan meningkatkan mutu pelayanan publik," harapnya.


Dalam kesempatan itu, Endra juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh perangkat daerah dan stakeholder terkait atas kerja keras dan kolaborasinya dalam mewujudkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di Kabupaten Magelang.


Ia berharap penghargaan ini dapat memotivasi akselerasi digitalisasi di Kabupaten Magelang.


"Dengan diraihnya Digital Government Award ini, semoga dapat memacu motivasi seluruh stakeholder untuk mewujudkan Kabupaten Magelang yang Sedaya Amanah melalui digitalisasi penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik," pungkasnya.


Di Kabupaten Magelang, sejumlah aplikasi dan layanan digital diterapkan untuk melayani kebutuhan masyarakat. Diantaranya layanan media informasi terkini melalui portal beritamagelang.id, aplikasi Jelajah Magelang, pelayanan uji KIR kendaraan, info harga komoditas bahan pokok, layanan konsultasi hukum online, data mata air, aplikasi laporan kedaruratan seperti kebakaran, kecelakaan, dan masih banyak lagi. 


SPBE Summit 2023 juga menjadi kesempatan mewujudkan SPBE yang terpadu dan berkesinambungan sesuai dengan Peraturan Presiden No. 95/2018 tentang SPBE dan Peraturan Presiden No. 132/2022 tentang Arsitektur SPBE Nasional.


Dengan adanya SPBE Summit 2023, pembangunan layanan digital berbasis masyarakat (citizen centric) diharapkan segera terwujud. Selain itu, Tim Koordinasi SPBE diperkuat menjadi Digital Transformation Agent (DTA) guna memastikan manajemen perubahan dan operasional layanan digital.


Di samping itu, pemerintah juga mempertegas moratorium pembangunan aplikasi dan mengutamakan peningkatan efektivitas pemanfaatan aplikasi yang telah beroperasi. Antar-instansi pemerintah memperkuat konsolidasi aplikasi menjadi Platform Digital Terpadu, baik di internal maupun antar instansi pusat dan daerah.


Diharapkan melalui pelaksanaan SPBE Summit 2023 dapat terciptanya penyederhanaan proses bisnis menuju tematik layanan digital, dan interoperabilitas Data dan Aplikasi melalui Pemanfaatan Arsitektur SPBE.



Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar