Kabupaten Magelang Siap Dukung PPKM Mikro

Dilihat 1156 kali
Sekda Kabupaten Magelang Magelang Adi Waryanto didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesra Nanda Cahyadi Pribadi
BERITAMAGELANG.ID - Pemerintah Kabupaten Magelang siapkan posko tingkat kecamatan dan desa dalam mendukung program Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro.

Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang, Adi Waryanto mengatakan PPKM mikro ini merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden kepada para menteri dan kepala daerah baik gubernur, bupati dan walikota. Mendagri kemudian membuat intruksi nomor 3 tahun 2021 yang ditujukan kepada gubernur, bupati, walikota di Jawa Bali untuk melakukan langkah-langkah PPKM mikro.

"Prinsipnya melakukan pencegahan, pembinaan, kemudian tracing hingga ke tingkat RT dalam rangka menekan penyebaran covid-19," kata Adi usai pertemuan virtual Pembahasan Akselerasi Vaksinasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Senin (8/2/2021).

Adi menjelaskan dalam PPKM kali ini berbasis RT/ RW dengan meningkatkan peran Jogo Tonggo. Satgas Jogo Tonggo bisa bergerak menolong dan berperan menghilangkan stigma negatif dari penyintas covid-19.

Selain itu Satgas Jogo Tonggo akan mengawal PPKM Mikro dengan mengkondisikan keluarga masyarakat sekitar sebagai agen sosialisasi dasar menjalankan protokol kesehatan.

"Jogo Tonggo masih terus jalan, kemudian posko di tingkat desa dan kecamatan ditingkatkan," pesannya.

Selain mengoptimalkan program Jogo Tonggo, Pemkab Magelang juga akan menyusun draft yang mengatur sektor pariwisata dan aktivitas lainnya.

Adi memastikan pariwisata tetap masih bisa hidup, artinya masih dibuka tidak seperti PPKM tahap II yang dibatasi 30 persen. Pada PPKM Mikro ini aktivitas pariwisata masih tetap buka dengan pembatasan yang saat ini masih dalam pembahasan di tingkat provinsi.

Selain pariwisata, nantinya pembatasan juga akan diterapkan kepada restoran dan rumah makan. Namun demikian, terkait dengan jumlah ketentuan dari pembatasan itu Pemkab Magelang masih menunggu petunjuk dari Gubernur Jawa Tengah.

"Kami juga belum tahu, ini juga sedang dibahas di tingkat provinsi dan itu akan menjadi rujukan kami di tingkat kabupaten di Jawa Tengah," pungkasnya.

Dari pelaksanaan PPKM Mikro itu, hasil dan dampaknya juga akan dilakukan evaluasi oleh pemerintah. Untuk diketahui PPKM tahap II berakhir hari ini Senin (8/2/2021) dan akan dilanjut dengan PPKM Mikro mulai 9-22 Februari 2021.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar