Kabupaten Magelang Serahkan Obor Virtual PeSoNas 2022 Kepada Kabupaten Banjarnegara

Dilihat 505 kali
Kepala Disparpora Kabupaten Magelang saat melaksanakan serah terima obor virtual dan ekspresi seni budaya Pekan Special Olympics Nasional (PeSoNas) 2022.

BERITAMAGELANG.ID- Kepala Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Magelang, Achmad Husein melaksanakan serah terima obor virtual dan ekspresi seni budaya Pekan Special Olympics Nasional (PeSoNas) 2022 di Pendopo Dipayuda Adigraha Kabupaten Banjarnegara, Rabu (11/5/2022). Husein menyampaikan ucapan terima kasih sekaligus merasa bangga karena kirab obor PeSoNas dapat singgah di Kabupaten Magelang pada tanggal 22 Maret 2022 lalu.

"Sebagai tuan rumah, kami telah berkolaborasi dan bersinergi bersama dalam memotivasi, mendampingi serta mencari sisi spesial dari anak-anak bertalenta khusus dengan mengadakan berbagai ajang lomba dan pentas seni. Hal ini ditujukan agar anak-anak bertalenta khusus dapat terus tumbuh dan mempunyai nilai manfaat bagi kehidupannya," kata Husein.

Menurutnya, Special Olympics juga merupakan gerakan kemanusiaan melalui olahraga, memiliki filosofi tentang kemandirian, percaya diri, kerjasama, pantang menyerah, menjunjung tinggi sportifitas, serta rendah hati, selalu melekat dan menjadi bagian dari kepribadian Atlet Special Olympics dalam kehidupan bermasyarakat.

"Kepada anak-anakku sekalian yang saya sayangi, saya akan mengatakan 'Don't worry, we are with you'. Memiliki keterbatasan secara fisik, bukan berarti harus berhenti dalam melakukan apa pun yang baik untuk hidup kalian. Saya melihat dari sesuatu yang kalian tidak melihatnya dan saya merasakan dari sesuatu yang kalian butuhkan. Tetaplah semangat anak-anakku," tutur Husein.

Sementara, Ketua Special Olympics Indonesia (Soina) Jawa Tengah, Christin sangat mengapresiasi atas dukungan yang telah diberikan oleh segenap pengurus Sonia di Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Magelang.

Ia mengatakan Soina tidak bisa berjalan sendiri melainkan butuh dukungan dari Pemerintah dan masyarakat untuk memberikan motivasi kepada para orang tua yang dititipi anak-anak hebat ini.

"Kirab obor disini semoga bisa memberikan semangat pada kita semua, ayo kita bersama-sama membuat anak bertalenta khusus ini menjadi bintang di Indonesia. Tunjukkan ke Dunia bahwa Indonesia peduli anak-anak bertalenta khusus yang dimulai dari diri kita sendiri," katanya.

Hal senada juga diungkapkan, Ketua Soina Banjarnegara, Yogo Pramono bahwa PeSoNas ini merupakan program dan pemberdayaan para disabilitas dengan maksud dan tujuan untuk meningkatkan rasa percaya diri.

"Agar para disabilitas mampu bersosialisasi dengan lingkungan masyarakat, memberikan bekal ketrampilan untuk menuju kemandirian, mengembangkan bakat dan minat para disabilitas dalam berkarya, meningkatkan derajat dan martabat para kaum disabilitas sama seperti kita non disabilitas," ungkapnya.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar