Kabupaten Magelang Raih Penghargaan Kampung Anak Sejahtera

Dilihat 1728 kali
Bupati Magelang Zaenal Arifin, SIP menerima Penghargaan KAS dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise

BERITAMAGELANG.ID - Pemerintah Kabupaten Magelang, Jawa Tengah patut berbangga karena pertama kalinya berhasil meraih penghargaan Kampung Anak Sejahtera. Penghargaan yang diberikan oleh Kementerian Pemberdayaan tersebut hanya diberikan kepada empat kabupaten yang berhak, termasuk Kabupaten Magelang.


Bersama dengan Kabupaten Bogor, Sidoarjo, dan Pandeglang, Bupati Magelang Zaenal Arifin, SIP. menerima penghargaan tersebut dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI Yohana Yembise di Gedung Sasana Ganesha Institut Teknologi Bandung, Minggu (16/12). Sedangkan kota tetangga, Magelang, pada kesempatan tersebut turut menerima penghargaan Pelopor Puspaga Mandiri.


Melalui keterangan rilis yang diterima Berita Magelang, Bupati mengungkapkan rasa bangganya atas penghargaan yang telah diraih. Ia mengapresiasi kerja keras jajaran Pemerintah Kabupaten Magelang, terutama Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PPKB PPPA) Kabupaten Magelang.


"Kami atas nama Pemerintah Kabupaten Magelang sangat mengapresiasi kerja keras jajaran Pemerinah Kabupaten Magelang, yang dengan ini telah berhasil meraih penghargaan KAS dari Ibu Menteri. Namun demikian, hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi Pemerintah Kabupaten Magelang, dan dinas terkait untuk tetap mempertahankan kinerja dalam melayani masyarakat," kata Bupati dalam rilis tersebut.


Kepala Dinsos PPKB PPPA Kabupaten Magelang, Retno Indriastuti, SKM. M.Kes menambahkan, penghargaan Kampung Anak Sejahtera tersebut baru pertama kali diraih oleh Kabupaten Magelang.


"Penghargaan KAS ini baru pertama kali diraih oleh Kabupaten Magelang, berkat program Kampung Anak Sejahtera yang dilaksanakan di Desa Selomirah, Kecamatan Ngablak, Magelang," terang Retno dalam rilisnya.


Program Kampung Anak Sejahtera didedikasikan untuk lebih menyejahterakan anak di sekitar Desa Selomirah terkait kesehatan dan pendidikan.


"Ke depannya, Kampung Anak Sejahtera ini akan kita kembangkan di desa-desa lainnya yang ramah anak di Kabupaten Magelang. Dari anggaran APBD 2019, kita akan membentuk lima titik lagi," lanjutnya.


Menurut Retno, kondisi kesejahteraan anak-anak di wilayah Kabupaten Magelang dalam indikator kesehatan dan pendidikan, bisa dibilang cukup sejahtera.


"Saya rasa anak-anak di wilayah Kabupaten Magelang saat ini sudah mendapatkan pelayanan kesehatan yang cukup baik meskipun masih ada beberapa anak di wilayah tertentu yang masih mengalami kekurangan gizi, namun prosentasinya sangat sedikit. 


Untuk bidang pendidikan sendiri, saya rasa juga hampir sama. Sekarang ini persentase anak yang sudah mengenyam pendidikan pun juga sangat tinggi. Kesadaran orang tua untuk memberikan anaknya pendidikan juga sudah sangat baik," tutupnya.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar