Jurang Jero Fun Race di Lereng Merapi Diikuti Ratusan Peserta

Dilihat 1212 kali
Salah satu peserta Jurang Jero Fun Race

BERITAMAGELANG.ID - Kejuaraan Mountain Bike bertajuk Jurang Jero Fun Race digelar di Objek Wisata Alam Jurang Jero Kecamatan Srumbung, Minggu (31/7/2022). Kegiatan yang diprakarsai oleh Komunitas Jurang Jero Bike Park dan pegiat wisata Jurang Jero tersebut dilakukan untuk mewadahi seluruh komunitas Montain Bike (MTB) agar dapat lebih meningkatkan performa penampilan dan kelihaian mereka mengendarai sepeda MTB.


"Acara ini hanya satu hari ini saja, atau one day race yang terbagi dalam tujuh kelas kejuaraan dan satu kelas eksibisi," kata Panitia Jurang Jero Fun Race, Noor Zain, sesaat setelah acara berlangsung.


Zain menjelaskan yang menjadi lintasan dalam kejuaraan kali ini menggunakan trek yang telah dibuat oleh komunitas Jurang Jero Bike Park bekerja sama dengan Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) sejak 2013.


"Peserta kali ini sebanyak 190 orang, berasal dari berbagai wilayah di Indonesia termasuk Papua juga ada," lanjut Zain.


Menurutnya, acara Fun Race yang sudah diadakan kelima kali itu dapat menjadi sebuah wadah yang positif untuk meningkatkan performa komunitas pecinta MTB dalam segi kemampuan sehingga dapat berlaga di ajang nasional maupun internasional.


"Jurang Jero Bike Park ini juga sering digunakan untuk latihan atlet-atlet nasional, bahkan timnas juga pernah berlatih di sini," jelasnya.


Kepala Balai TNGM, Karyadi memberikan apresiasi dan dukungan penuh atas terselenggaranya kejuaraan Jurang Jero Fun Race kali ini. Menurutnya, kegiatan tersebut memberikan efek domino positif terutama dalam sektor perekonomian dan pariwisata.


"Masyarakat yang jual makanan tadi juga laris, pedagang sekitar juga, selain itu juga OWA Jurang Jero dari sisi marketing juga terdongkrak dengan adanya event ini," kata Karyadi.


Dirinya menyampaikan TNGM memberikan dukungan mulai dari persiapan, pelaksanaan hingga pengamanan kegiatan tersebut.


"Yang pasti, pelestarian ini menjadi wadah utama. Bagaimana alam Jurang Jero ini dapat bermanfaat dan dikelola dengan baik sehingga kelestarian alam tetap terjaga," imbuhnya.


Karyadi menjelaskan tidak menutup kemungkina event-event lain akan diselenggarakan di OWA Jurang Jero sebatas kegiatan tersebut tidak melebihi daya dukung kapasitas tempat dan pelestarian alam sebagai semangat utama.


"Generasi muda memang perlu wadah untuk menyalurkan hobi yang positif. Nah di situ juga kita sisipkan pesan pelestarian agar kawasan Jurang Jero ini dapat terus dirasakan manfaatnya hingga anak cucu kelak," tandasnya.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar