Jumat Berbagi, Warga Kalinegoro Sedekahkan Sayur dan Lauk Pauk

Dilihat 2373 kali
Gerakan kepedulian dalam aksi Jumat Berbag akan dilakukan rutin pada masa pandemi covid-19.

BERITAMAGELANG.ID - Warga RW 1 Desa Kalinegoro Kecamatan Mertoyudan, menggelar aksi solidaritas kepedulian Jumat Berbagi. Aksi tersebut berwujud sedekah sayur mayur dan lauk untuk kebutuhan rumah tangga sehari-hari.


Pandemi Covid 19 menumbuhkan rasa kepedulian warga terhadap sesama karena dampaknya tidak hanya secara kesehatan namun juga perekonomian.


“Aksi ini bisa dikatakan terwujud secara spontan, dari obrolan ringan, semalam kemudian pagi harinya diwujudkan, terkumpul 60an kantung kresek sayur mayur dan lauk untuk disedekahkan," ucap Kader PKK RW 1 Desa Kalinegoro, Julaichah Pratiwi, Jumat (12/6/2020).


Jumat Berbagi digelar di Lapangan RW 1 Kalinegoro, di pinggir jalan, agar masyarakat yang membutuhkan mudah mengambilnya.


Warga bersedekah atau berbagi dengan menggantung sayur mayur dan lauk di tempat yang disediakan, agar bisa diambil warga yang membutuhkan.


"Ini kali pertama kegiatan Jumat Berbagi kami laksanakan dan antusias warga yang ingin turut bersedekah luar biasa. Ke depan, rencana akan menjadi kegiatan rutin.


Tukang sayur keliling, juga senang karena ibu-ibu membeli sayur di Tukang sayur, untuk kemudian disedekahkan," papar Julaichah.


Adapun yang mengambil sayur tersebut tidak hanya warga RW 1 tapi juga dusun dan RW sekitar. Dikarenakan gerakan sedekah tersebut tidak ingin tersekat batas wilayah.


"Dengan gerakan ini, diharapkan kebutuhan gizi rumah tangga dapat terpenuhi, di tengah pandemi covid-19. Seperti kebutuhan gizi balita dan ibu hamil, serta anak-anak di masa pertumbuhan harus tetap diperhatikan," imbuh Kader Paguyuban Keluarga Sejahtera Desa Kalinegoro, Ristanti.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar