Jelang Ujian, MTs Negeri 4 Grabag Gelar Doa Bersama

Dilihat 2768 kali
Sebelum mengikuti Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional Berbasis Komputer (UAMBNBK) 2018, ratusan siswa/siswi kelas IX Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 4 Kabupaten Magelang (Grabag), mohon do'a restu bersama para guru. Foto: Ali Subchi

BERITAMAGELANG.ID - Sebelum mengikuti  Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional Berbasis Komputer (UAMBNBK) 2018, sebanyak  290 siswa/siswi kelas IX  Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 4 Grabag, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, mengikuti serangkaian kegiatan, yakni mujahadah, khataman Al Quran dan minta restu kepada bapak/ibu guru, serta kepada orang tua.


"Tujuannya, agar dalam mengerjakan soal ujian lebih tenang dan berkonsetrasi," kata Kepala MTsN 4 Grabag, Tasimin, Sabtu (07/04).


Selain melakukan doa, lanjut Tasimin, anak-anak juga mengikuti senam bersama di halaman sekolah, dan menonton film pendek berjudul Catatan Sahabat.


"Nonton film ini sebagai refreshing agar tidak terlalu tegang karena menghadapi ujian bisa lebih tenang, sehingga dalam menggarap soal bisa lebih tenang," lanjutnya.


Menurut Tasimin, dengan rentetan ujian yang begitu berat, anak-anak perlu penyegaran dan hiburan, supaya lebih tenang dalam menghadapi soal UAMBN  dan USBN yang berlangsung pada 9 - 13 April 2018, dilanjutkan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) pada 23 - 26 April 2018.


"Menghadapi ujian, anak-anak harus konsentrasi penuh, agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal, karena ujian tahun ini berbeda dengan tahun lalu, sehingga harus benar-benar serius untuk belajar, dan kerjakan sungguh-sungguh dengan penuh konsentrasi. Namun setelah ujian selesai, anak-anak bisa lebih bebas. Jadi, prestasi yes, kejujuran oke," harap Tasimin.


Humas MTs Negeri 4 Grabag, Muh Nur Sahid mengatakan, sebelum mengikuti serangkaian kegiatan, anak-anak diberi motivasi oleh Yus Ibnu Yasin dari Ponpes Addanuriyah Semarang.


"Alumni Universitas Turki itu,memberikan semangat kepada anak-anak dalam menghadapi ujian dengan cara lebih tenang dan senantiasa memohon kepada Allah SWT agar diberikan kelancaran dan kesehatan selama mengikuti ujian," tutupnya.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar