Jelang Pemilu 2024, ASN Harus Selalu Menjaga Profesionalisme

Dilihat 1146 kali
Bupati Magelang Zaenal Arifin didampingi Ketua Bawaslu Kabupaten Magelang, M Habib Shaleh saat menjadi narasumber pada acara Rapat Koordinasi dalam rangka mewujudkan Netralitas ASN dalam Pemilu menuju profesionalisme birokrasi

BERITAMAGELANG.ID- Bupati Magelang Zaenal Arifin menghadiri acara Rapat Koordinasi dalam rangka mewujudkan Netralitas ASN dalam Pemilu menuju profesionalisme birokrasi yang diselenggarakan oleh Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Magelang di Omah Mbudur, Borobudur, Senin (29/5/2023).

Bupati Magelang Zaenal Arifin mengatakan bahwa negara Indonesia saat ini terus berbenah dalam rangka menuju Indonesia emas pada tahun 2045, dengan harapan bisa menjadi mercusuar dunia.

Untuk bisa mencapai hal tersebut, maka dibutuhkan Human Capital/sumber daya manusia yang unggul di tengah-tengah perubahan zaman yang begitu luar biasa cepatnya.

Lebih lanjut, Zaenal menyampaikan sebentar lagi bangsa Indonesia juga akan memasuki Pemilu serentak yang akan digelar pada tahun 2024 seperti pemilihan Presiden, DPD, DPRD dan juga DPR RI baik itu ditingkat Provinsi maupun di daerah.

"Maka paling tidak penyelenggaraan Pemilu di Indonesia harus baik sesuai dengan tema besarnya, disitu harus langsung umum, bebas, rahasia, jujur dan adil," kata Zaenal.

Ia meyakini para ASN sudah memiliki janji dan sumpahnya akan menjalankan Undang-Undang dan peraturan selurus-lurusnya. Maka ketika ASN di jalur Pemerintahan, semuanya disumpah sesuai tusinya masing-masing dan harus dipedomani.

"Marilah kita ikuti regulasi ketentuan-ketentuan yang ada sebagai pijakan kita, agar kita bisa melahirkan pemimpin-pemimpin yang barokah ke depan, karena kebarokahan itu juga dilihat dari proses yang panjang," ujarnya.

Sementara, Ketua Bawaslu Kabupaten Magelang, M Habib Shaleh berharap agar Pemilu tahun 2024 bisa berjalan dengan lancar dan berkualitas tanpa adanya pelanggaran netralitas dari ASN.

"Kita tahu dalam politik tentu ada tarikan-tarikan baik Pemilu atau Pilkada terkait dengan netralitas ASN, maka kita perlu untuk berkoordinasi, bersosialisasi, bagaimana kemudian pentingnya para ASN menjaga netralitas. Politik boleh memanas, namun ASN harus tetap profesional, harus menjaga integritas dan kualitas pekerjaannya," kata Habib.

Habib menyampaikan, Bawaslu Kabupaten Magelang sejak dini telah melakukan pencegahan terhadap pelanggaran Pemilu dan memetakan kerawanannya, baik melalui sosialisasi lewat Sosial Media (Sosmed) maupun secara langsung.

"Lewat acara ini, saya menitipkan pesan kepada para Kepala OPD, Kabag, dan para Camat untuk mensosialisasikan kepada ASN dibawahnya mereka agar tetap bisa profesional dalam Pemilu 2024 mendatang," tutup Habib.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar