Jelang Imlek, Polisi Gelar Rapat Koordinasi Lintas Sektor

Dilihat 498 kali
Sinergi lintas sektor jelang Imlek di Klenteng Hok An Kiong Muntilan Kabupaten Magelang Kamis (23/01/2020).

BERITAMAGELANG.ID - Tahun Baru Imlek 2571 akan segera tiba, tepatnya pada 25 Januari mendatang. Guna mempersiapkan semuanya agar berjalan aman, lancar, dan kondusif Kepolisian Resor (Polres) Magelang menggelar rapat kooridinasi lintas sektor, Kamis (23/01/2020).


Rakor lintas sektoral digelar di aula Klenteng Hok An Kiong Muntilan Kabupaten Magelang. Pertemuan tersebut dipimpin Wakapolres Magelang Kompol Eko Mardiyanto yang dihadiri tokoh agama, tokoh masyarakat, dan beberapa intansi terkait.


Wakapolres Magelang, Kompol Eko Mardiyanto mengatakan Rakor ini bertujuan mengecek kesiapan dalam tugas pokok masing-masing, terutama dalam menciptakan situasi yang aman dan kondusif selama perayaan Imlek dan Cap Go Meh 2020. 


“Kita harap melalui Rakor lintas sektoral ini, ada sinergi antar elemen untuk menjaga kamtibmas. Sehingga kegiatan Imlek terpelihara sebelum, waktu dan  sesudahnya berlangsung aman dan lancar kondusif," kata Eko.


Tahun ini, lanjutnya, seluruh rangkaian kegiatan Imlek dan Cap Go Meh Kabupaten Magelang dipusatkan di Klenteng Hok An Kiong Muntilan. Karena itu, pihaknya pun telah mempersiapkan pengamanan yang terpusat. Pengamanan juga melibatkan beberapa intansi terkait seperti TNI, FKUB, Satpol PP, Damkar dan relawan.


"Sekitar 185 personil Polri akan bertugas mengamankan acara Imlek bersama. Itu akan ditambah unsur lainnya," lanjut Eko.


Sementara itu, Ketua Panitia Imlek Klenteng Hok An Kiong Budi Raharjo mengungkapkan, perayaan kali ini bertepatan dengan Shio tikus logam. Imlek sendiri memiliki makna pergantian tahun pertanian, menyambut datangnya musim semi atau musim tanam. 


Rangkaian perayaan Imlek akan digelar secara khidmat mulai dari prosesi sembahyangan ritual, silaturahmi hingga perayaan Cap Go Meh. 


Pihak klenteng juga akan menampilkan pentas kesenian barongsai dan liong pada momen Cap Go Meh.


"Hari raya imlek hari raya kita semua. Kita berterima kasih atas sinergitas ini untuk keamanan rangkain imlek," kata Budi seraya menambahkan jika Imlek kali ini terdapat sembhyangan besar ci suak atau tolak balak. Prosesi itu adalah memohon keselamatan kemakmurn dan kedamaian bagi seluruh umat.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar