Jelang Idul Fitri, Bupati Magelang Pastikan Stok Kepokmas Aman

Dilihat 805 kali

BERITAMAGELANG.ID - Bupati Magelang Zaenal Arifin memimpin rapat koordinasi (Rakor) terpadu menyambut Hari Raya Idul Fitri Tahun 2021/1442 Hijriah melalui video conference. 


"Kami minta masyarakat untuk tidak mudik dan tetap mematuhi protokol kesehatan saat menjalankan ibadah dan aktivitas di bulan suci Ramadan," tegas Bupati saat memimpin rakor tersebut dari Rumah Dinas, Kamis (29/4/2021).


Menurutnya, ada beberapa hal penting lainnya yang perlu menjadi perhatian, antara ketersediaan kebutuhan pokok masyarakat dengan harga terjangkau. Juga ketersediaan stok tunai rupiah di bank maupun ATM.


"Kemudian keselamatan dan kelancaran lalu lintas yang berkaitan dengan infrastruktur, transportasi beserta kelengkapannya, BBM yang memadai," pesannya. 


Selanjutnya, terkait keamanan dan ketertiban lingkungan masyarakat termasuk tempat ibadah, pusat keramaian seperti pasar, mall, obyek wisata serta simpul-simpul transportasi.


"Selain itu juga masalah sosial dan bencana, kewaspadaan dan pengawasan terhadap bahan pangan yang rusak, kadaluwarsa, penggunaan bahan berbahaya dan tidak berlabel, serta penyediaan fasilitas kesehatan yang memadai bagi masyarakat," paparnya.


Untuk mendukung kelancaran pelaksanaan kegiatan pengawalan dan pengamanan dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri, akan dibentuk Posko Terpadu sebagai koordinator dan pengendalian pengamanan perayaan lebaran di Kabupaten Magelang.


Dalam hal ini, Zaenal menekankan kepada para Kepala OPD terkait agar mendirikan posko teknis sesuai dengan tugas dan fungsinya, serta melaporkan situasi dan kondisi selama pelaksanaan tugas kepada Posko Terpadu melalui sarana media yang sudah disediakan.


Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Magelang, Iwan Sutiarso melaporkan terkait harga kebutuhan pokok masyarakat sejauh ini masih relatif normal dan terjangkau.


Diantaranya, beras premium Rp11.000 - Rp11.500, beras medium Rp10.000, gula pasir Rp13.000, minyak goreng Rp13.000. Namun demikian, ada kenaikan harga di beberapa komoditas diantaranya daging ayam Rp32.000 menjadi Rp36.000, telur ayam Rp22.000 menjadi Rp25.000. 


Sementara terkait harga cabai, baik cabai merah, kriting, kemudian harga bawang merah dan bawang putih menurut Iwan sangat fluktuatif namun masih terjangkau.


Data stok per 5 April 2021 yang bersumber dari Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM menyebutkan bahwa stok beras masih 2.394,53 ton, minyak goreng 169.591 liter, gula pasir 280.741 kg, telur ayam ras 25.112 kg, daging ayam 7.155 kg, daging sapi 1.415 kg, cabai merah 2.756 kg, rawit merah 1.764 kg, bawang merah 3.209 kg, bawang putih 4.896 kg.


"Ketersediaan kebutuhan pokok masyarakat di Kabupaten Magelang sampai saat ini masih aman. Sementara untuk harga juga masih relatif stabil dan terjangkau meski ada kenaikan di beberapa komoditas, namun itupun juga tidak terlalu signifikan," ungkap Iwan. 


Rakor Terpadu ini diikuti Forkopimda, para Kepala OPD/instansi terkait di lingkungan Pemerintah Kabupaten Magelang.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar