Jalur Evakuasi Menoreh Ambles Menyerupai Sumur

Dilihat 672 kali
Ambles, mirip sumur, jalan di Ngargoretno Kecamatan Salaman Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Senin (09/04).


BERITAMAGELANG.ID - Jalur evakuasi warga 3 (tiga) desa di perbukitan Menoreh Kabupaten Magelang Jawa Tengah tiba-tiba ambles, Senin (09/04) dini hari. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut namun aktivitas warga terganggu.

Ruas jalan yang ambles tersebut berada di bawah SD Negeri Ngargoretno, tepatnya Dusun Sumbersari Desa Ngargoretno, Kecamatan Salaman Kabupaten Magelang. Jalan tersebut menghubungkan  Desa Ngargoretno dan Desa Giripurno maupun beberapa desa lain menuju ke kota Kecamatan di bawahnya.

Salah satu warga Ngargoretno, Soim mengungkapkan, jalan ambles itu diketahui warga sekitar pukul 06.00 WIB. Bentuknya mirip lubang sumur, tepat di tengah jalan, dengan diameter 1,5 meter dan kedalaman 1 meter.

"Luas badan jalan hanya 3 meter, munculnya lubang di tengah jalan itu membuat akvititas warga terganggu," kata Soim.

Sebelumnya menurut Soim tidak ada tanda tanda akan terjadi ambles. Karena tidak muncul retakan maupun hujan yang memicu longsoran di sekitar jalur itu.

"Diduga karena faktor usia dan lapisan tanah labil, sehingga tiba-tiba amblas membentuk lubang," lanjutnya.

Selain di lokasi ini, ada satu titik lain jalan putus, yakni di Dusun Selorejo atau 1 kilometer di atasnya. Jalan putus itu merupakan jalur evakuasi dan alternatif wisata Candi Borobudur.

Demi keselamatan, warga memasang rambu peringatan di atas lubang tersebut. Sementara Pemerintah Desa Margoyoso telah melaporkan kejadian tersebut ke BPBD Kabupaten Magelang untuk ditindaklanjuti pihak terkait.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar