Istri Kades Berperan Penting Membangun Desa Berkarakter

Dilihat 8230 kali
Istri anggota DPR RI, Retna Arimurti Sudjadi, saat sosialisasi empat pilar kebangsaan, diikuti sekitar 30 orang istri kepala desa (Kades), berlangsung di Joglo Ndeso Muntilan, Magelang

BERITAMAGELANG.ID - Istri kepala desa (Kades), tidak hanya sebagai pendamping suami, tetapi mempunyai peran penting dalam pelaksanaan pembangunan di desa. Untuk itu, istri Kades harus mampu mendorong tugas suami untuk memajukan desanya, berkarakter dan berprestasi sesuai potensi desa.


“Kalau desa itu maju dan berprestasi, tentu akan berdampak pada peningkatan ekonomi warga,” kata istri anggota DPR RI, Retna Arimurti Sudjadi, di hadapan sekitar 30 orang istri Kades, pada sosialisasi empat pilar kebangsaan, di Joglo Ndeso Muntilan, Kabupaten Magelang, Sabtu (29/5/2021).


Menurut Retna Arimurti Sudjadi, istri kepala desa punya peran penting untuk mendukung suami agar bisa berprestasi, berkarakter dan berprestasi sesuai potensi yang dimiliki oleh desa. Karea masing-masing desa, mempunyai keunggulan yang bisa dikembangkan.


Sesuai dengan UU Desa nomor 6 Tahun 2014 tentang desa, dimana Kades punya wewenang penuh di tingkat desa. Maka sebagai pendamping suami yang menjadi kepala desa, maka istri Kades harus mampu untuk ikut memperjuangkan pembangunan desa.


“Yang lebih penting lagi, istri kepala desa selain mendukung suami, harus bisa menjaga martabat suami. Ibu Kades harus bisa tampil sederhana saat terjun dan berkomunikasi dengan warga,” pintanya.


Selain mendukung suami dalam pembangunan desa, istri Kades diminta bisa membangun mental warga, terutama generasi muda agar berkarakter dengan baik, terutama untuk mendukung kemajuan desa di segi kemajuan teknologi informasi.


“Anak-anak muda sekarang ini pintar, namun perlu bimbingan dan contoh seorang pemimpin di tingkat desa, karena pemerintah desa merupakan aparat yang berada di garda depan masyarakat,” tambahnya.


Sementara itu, Sudjadi menambahkan,  perkembangan wisata di Kabupaten Magelang cukup bagus, maka desa yang mempunyai potensi wisata harus dikembangkan agar bisa lebih baik.


“Saya mendorong agar ada desa yang bisa dibanggakan ssebagai desa wisata,” jelasnya.


Adanya peran istri Kades dalam pelaksanaan pembangunan, jelas menambah amunisi atau semangat kepala desa, dan warga juga akan semakin senang, karena tidak hanya kepala desa yang bergerak membangun desanya, tetapi juga istri kepala desa ikut berperan aktif mendukung dan membangun desa dengan cara melakukan silaturrahmi dengan warga.


“Warga semakin senang jika Kades dan bu Kades bergerak ke masyarakat membangun komunikasi yang baik dengan warga.  Bagaimana cara membangun desa yang baik, adalah dengan  meningkatkan ekonomi warga secara baik dan menuju kesejahteraan,” ujarnya.


Narasumber pada sosialisasi empat pilar kebangsaan mengambil tema P”eran istri kepala desa mendukung tugas dan prestasi suami sebagai kepala desa dalam musyawarah dan mufakat” adalah Retna Arimurti Sudjadi, M Eko Irawanto (Dosen FK UNS Solo),  dan Hat Sukarmadani.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar