Inilah Sosok Penulis Explore Borobudur: 100 Destinasi Instagramable

Dilihat 683 kali
Penulis Buku Explore Borobudur : 100 Destinasi Instagramble, Lily T Erwin

BERITAMAGELANG.ID - Inilah sosok penulis buku Explore Borobudur : 100 Destinasi Instagramble, Lilly T Erwin. Wanita yang sudah berumur 70 tahun namun masih produktif menulis. Khusus Borobudur, ini merupakan buku yang ketiga.


Ditemui di sela peluncuran buku Explore Borobudur: 100 Destinasi Instagramable di Omah Mbudur, Wanurejo Borobudur, Kabupaten Magelang, Sabtu (28/11), Lilly mengatakan, Explore Borobudur ditulis bersama dengan suaminya Abang Erwin dan seorang Co-Writer Ima T Hardiman.


Ia hanya butuh waktu 3 bulan untuk menyusun buku ini. Sebelum menulis, ia banyak melihat di instagram, destinasi apa saja yang banyak dikunjungi wisatawan. 


“Setelah itu saya datangi untuk mengecek secara langsung, apakah foto-foto di instagram itu benar-benar seperti yang digambarkan. Ternyata memang betul, banyak tempat yang luar biasa di sekitar candi Borobudur ini," katanya.


Menurut pemilik homestay Gareng Pong di Wanurejo ini, ia tertarik untuk menyusun buku tentang obyek-obyek wisata seputar Borobudur karena begitu cinta dengan tempat ini. 


“Entah ada kekuatan apa sehingga saya sangat mencintai Borobudur. Saya suka dengan budaya dan keramahan orang-orang di sini. Saya sudah puluhan tahun hidup di Jakarta dan sekitarnya yang selalu hiruk pikuk, di sini ada ketenangan," kata perempuan asli Semarang ini. Sedangkan sang suami asli Bangka.


Tahun 2010, ia dan suami menginjakkan kaki bumi Borobudur. Sejak saat itu, ia mulai aktif menulis apa saja tentang Borobudur. Jadi, buku Explore Borobudur : 100 destinasi instagramable bukan buku pertamanya tentang Borobudur. 


Tahun 2012 ia sudah meluncurkan buku Surroundings-100 Destinasi Wisata Seputar Borobudur. Disusul dengan buku 'Desa Wisata Borobudur - 145 Destinasi Wisata Tersembunyi di 20 Desa Wisata.


Wanita ramah yang memang berprofesi sebagai penulis ini banyak mendapat permintaan untuk menulis tentang Borobudur dan sekitarnya. Sehingga ia tertarik untuk menyusun buku destinasi yang instagramable seiring dengan kemajuan teknologi.


Buku yang ia buat ini, sangat pas sebagai buku saku untuk panduan wisata Borobudur dan sekitarnya. Buku juga dilengkapi dengan alamat, contact person dan cara menuju ke destinasi wisata. Selain itu juga dilengkapi foto lengkap baik dari instagram ataupun jepretan dari tim penulis.


Sayang sekali, buku ini baru ditulis dalam bahasa Indonesia. Padahal banyak permintaan untuk ditulis dalam bahasa Inggris. 


“Hanya saja biayanya cukup mahal ya, jadi belum," kata Lily.

Editor Fany Rachma

1 Komentar

Sri Suraryo 29 November 2019 10:32
Bahan Jelajah Magelang

Tambahkan Komentar