Ini Makna Shio Tikus Logam Pada Imlek 2020

Dilihat 6352 kali
Kleteng Hok An Kiong Muntilan Kabupaten Magelang.

BERITAMAGELANG.ID - Momen perayaan tahun baru Imlek 2020 diyakini akan membawa keberuntungan. Hal itu sesuai karakter Tikus Logam yang menjadi shio tahun Imlek kali ini.


Sekretaris Klenteng tua Hok An Kiong Muntilan Kabupaten Magelang Hing Hartanto mengatakan shio tikus memiliki arti cerdik dan pintar untuk mencapai tujuannya. Sementara didukung dengan makna logam yang kuat dan bersungguh-sungguh untuk meraih keinginan.


"Makna tikus logam tempat bersarangnya uang. Kalau mau mencari duit/uang tahun ini adalah momennya," katanya.


Tikus logam dipercaya adalah shio yang paling tua di dalam tatanan warga Tionghoa. Hal itu menandakan, pada 2020 ini akan banyak orang yang lebih semangat dan kerja keras serta cerdik dalam mencapai suatu usaha. 


Menurutnya, layaknya sifat tikus yang cerdik dan pantang menyerah akan melahirkan banyak harapan dan tujuan pada tahun ini.


"Semoga tahun ini BUMN bisa beres semua mendapat uang banyak dan kesejahteraan meningkat," jelas Hing.


Terpisah, tokoh Klenteng Hok An Kiong Muntilan Budi Raharjo mengungkapkan makna Shio tikus logam di Imlek 2571 adalah simbol peralihan tahun pertanian tradisonal. Menyambut datangnya musim semi atau musim tanam. Petani adalah pekerja keras, mereka senantiasa mampu mengatasi setiap kendala seperti iklim, hama dan cuaca.


Maka dari itu, sesuai ramalan dalam kalender Lunar, makna shio tikus logam ini setiap orang diharapkan tidak mudah menyerah dan selalu bekerja keras agar mendapat hasil panen terbaik.


"Harus pantang menyerah. Karena kalau tidak, akan tertinggal oleh yang lain," ujar Budi.


Tahun Baru Imlek 2571 akan jatuh pada Sabtu 25 Januari 2020. 


Bertepatan dengan itu, sembahyangan akan digelar warga Tionghoa di altar utama Klenteng Hok An Kiong Muntilan.


Dalam prosesi sakral shio tikus logam itu dilantunkan doa memohon keselamatan serta kesejahteraan bagi seluruh umat manusia. Selain itu, lanjut Budi, adalah mengutarakan rasa terima kasih atas segala rejeki kepada Tuhan Yang Maha Esa. 


"Tahun lalu telah diberi panen bagus. Dan awal tanam ini lagi kita memohon hasilnya lebih bagus dari sebelumnya. Dari tahun ke tahun hasilnya lebih baik lebih sejahtera," harapnya.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar