Identitas Desa Jadi Masterplan Pembangunan Potensi Desa

Dilihat 912 kali
Sosialisasi membangun Indonesia dari pinggiran dan desa, melalui masterplan infrastruktur dasar demi peningkatan sosial ekonomi dasar demi desa, diikuti para kepala desa (Kades) di Kabupaten Magelang

BERITAMAGELANG.ID - Guru Besar Universitas Gajah Mada (UGM), Prof Ir. Wiendu Nuryanti menyatakan, sekarang ini desa lagi berlomba-lomba mengembangkan desa wisata, padahal tidak semua desa mempunyai potensi wisata. Mestinya, identitas desa menjadi jantung pembangunan desa.


"Data dan potensi yang dimiliki desa, menjadi pegangan yang disusun dalam masterplan," kata Wiendu Nuryanti pada sosialisasi empat pilar kebangsaan, di Hotel Atria Magelang, Kamis (8/4/2021).


Namun demikian, masterplan harus dibahas berdasarkan aspirasi masyarakat.


"Membangun desa harus berdasarkan rembuk desa," pesannya.


Karena, masterplan sebagai pegangan pembangunan desa, disusun melalui proses perencanaan yang baik berdasarkan data dan potensi desa. Untuk itu, dalam melaksanakan masterplan, harus mengacu pada aturan yang sudah ada.


Anggota DPR RI, Sudjadi menambahkan, aspirasi rakyat untuk pembangunan yang dapat meningkatkan ekonomi masyarakat. Pembangunan desa, menjadi tulang punggung pengembangan ekonomi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.


Sementara Direktur PSD Ditjen PDP Kemendes PDTT, Bito Wikantosa, menambahkan, pendataan dan pemetaan potensi desa sangat penting. Peta potensi dan aset yang dimiliki desa, dapat membantu peningkatan pembangunan desa.


"Kemampuan kepala desa  juga menjadi kunci keberhasilan  dalam mengelola aset desa, dan menentukan kemajuan desa," tambahnya.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar