Hutan Gunung Merapi Kembali Terbakar

Dilihat 66 kali
Petugas berupaya padamkan api di Taman Nasional Gunung Merapi Desa Ngargosuko Kecamatan Srumbung Kabupaten Magelang yang kembali terbakar, Senin (9/9).

BERITAMAGELANG.ID - Hutan Taman Nasional Gunung Merapi kembali terbakar, Senin (9/9). 


"Informasi awal diterima pukul 12.07 WIB. Kemudian tim gabungan yang terdiri dari TNI, TNGM, BPBD, PMH, relawan dan warga menuju lokasi kebakaran untuk melakukan pemadaman," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang Edy Susanto.


Menurut Edy, ratusan personil gabungan harus berjibaku memadamkan api secara manual, menggunakan peralatan seadanya. Berselang sekitar dua jam, api berhasil dipadamkan.


"Pukul 14.30 WIB titik api sudah berhasil dipadamkan namun masih terdapat bara api di beberapa titik," ungkap Edy.


Dari informasi yang diperoleh, titik kebakaran berada di lereng barat, yakni Blok Gentong, Dusun Soko, Desa Ngargosuko Kecamatan Srumbung Kabupaten Magelang. Lokasi tersebut sempat terbakar pada pekan lalu.


"Hingga saat ini belum diketahui penyebab kebakaran. Saat ini tim gabungan beristirahat," lanjut Edy.


Jenis vegetasi yang terbakar adalah rumput alang-alang kering. BPBD Kabupaten Magelang, relawan, TNI Polri dan TNGM hingga saat ini masih berkoordinasi dan melakukan pemantauan guna mengantisipasi munculnya titik api.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar