HUT ke-51, Korpri Gelar Bakti Sosial

Dilihat 910 kali

BERITAMAGELANG.ID - Memperingati Hari Ulang Tahun Ke-51, Dewan Pengurus KORPRI Kabupaten Magelang melaksanakan berbagai kegiatan Bakti Sosial guna mendukung penanganan Stunting yang merupakan salah satu prioritas pembangunan nasional saat ini.


Sekretaris Dewan Pengurus KORPRI Kabupaten Magelang, Siti Zumaroh menyampaikan bahwa, Peringatan HUT Ke-51 KORPRI tahun 2022 Tingkat Kabupaten Magelang dengan mengangkat tema 'KORPRI Melayani, Berkontribusi dan Berinovasi Untuk Negeri Ini' memiliki maksud dan tujuan salah satunya mengajak anggota KORPRI di Kabupaten Magelang untuk meningkatkan kinerja terutama di bidang pelayanan publik serta kepedulian seluruh anggota KORPRI terhadap masyarakat.

Untuk meningkatkan kepedulian anggota KORPRI Kabupaten Magelang, Dewan Pengurus KORPRI Kabupaten Magelang melaksanakan kegiatan Bakti Sosial berupa gerakan pengumpulan telur dari seluruh ASN/anggota KORPRI Kabupaten Magelang untuk mendukung penanganan Stunting.

"Pelaksanaannya masing-masing ASN diminta bantuannya untuk menyumbangkan minimal 1/2 Kg telur dan sampai saat ini sudah terkumpul telur sejumlah kurang lebih 1 Ton dari unit KORPRI SKPD, BUMD, dan instansi vertikal. Sedangkan untuk unit KORPRI kecamatan beserta UPT/Korwil dinas wilayah kecamatan juga mengumpulkan telur di kecamatan. Rencananya telur-telur tersebut akan disalurkan kepada Desa Lokus Stunting di masing-masing kecamatan dan juga masyarakat kurang mampu dalam rangka peningkatan gizi masyarakat," papar, Siti Zumaroh usai pelaksanaan upacara peringatan HUT Ke-51 KORPRI Tahun 2022 Tingkat Kabupaten Magelang dari Rumah Dinas Bupati Magelang, Selasa (29/11/2022).

Selain itu, lanjut Siti juga dilaksanakan kegiatan Bakti Sosial berupa santunan  di Panti Asuhan Yatim Darul Khadronah Desa Gunungpring, Kecamatan Muntilan, Yayasan Andum Nikmat Desa Kajangkoso Pakis, dan Pondok Darul Aitam Muhajirin Desa Sawangan, Kecamatan Sawangan, berupa uang tunai senilai Rp 5 juta.

Bupati Magelang Zaenal Arifin dalam sambutannya menekankan bahwa ada satu hal yang harus direnungkan pada peringatan Ke-51 Tahun KORPRI ini, yaitu bagaimana memperkuat komitmen untuk tegak lurus terhadap kepentingan bangsa dan negara dalam upaya mewujudkan tujuan nasional.

"Kami merasa bangga kepada segenap anggota KORPRI yang selalu memiliki semangat berupaya dalam meneguhkan fungsinya sebagai perekat dan pemersatu bangsa guna mendorong pembangunan nasional," kata, Zaenal.

Menurutnya, sejalan dengan semangat tersebut, penyerahan bantuan sosial yang diselenggarakan hari ini merupakan peran nyata KORPRI dalam bingkai gortong royong, menjadi salah satu kekuatan terbesar bagi KORPRI dalam mendorong tercapainya pembangunan manusia yang berkualitas dan berdaya saing.

Sekilas Zaenal menyampaikan terkait kasus Stunting di Kabupaten Magelang, bahwa pada tanggal 17 November 2022 kemarin telah dilakukan Audit Kasus Stunting, yang mana audit kasus stunting ini sebagai pintu masuk dalam penguatan deteksi dini dan intervensi yang tepat, baik intervensi spesifik maupun sensitif secara kolaboratif, sehingga audit ini diharapkan dapat memberikan pemahaman dalam penanganan kasus dan perbaikan tata laksana kasus serta upaya pencegahan yang harus dilakukan.

"Untuk itu, penyerahan santunan kepada lembaga sosial panti asuhan anak yatim/piatu dan bantuan penanggulangan Stunting melalui peningkatan gizi masyarakat kurang mampu yang dilakukan ini, akan sangat membantu program Pemerintah dalam penanggulangan Stunting di Kabupaten Magelang," kata, Zaenal.

Pada kesempatan yang sama Bupati Magelang Zaenal Arifin menyerahkan bantuan telur untuk penanganan Stunting secara simbolis kepada Desa Genikan, Kecamatan Ngablak.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar