Hujan Deras Picu Tebing Longsor di Kalinegoro Mertoyudan

Dilihat 4081 kali
Rumpun bambu di tebing setinggi tujuh meter lebar lima meter longsor, sebagian bambu menimpa kabel PLN.

BERITAMAGELANG.ID - Akibat hujan turun sehari semalam, tebing dengan rumpun bambu longsor dan menutup akses jalan Desa Kalinegoro - Bondowoso Kecamatan Mertoyudan Magelang, Kamis (5/3/2020) sekitar pukul 05.15 WIB.


Lokasi kejadian tepatnya di Dusun Gedongan Kulon RT 5 RW 8 Desa Bondowoso perbatasan dengan Dusun Jongrangan Desa Kalinegoro. Selain menutup akses jalan, rumpun bambu pada longsoran tersebut juga menimpa jaringan kabel listrik PLN.


Dari penuturan Kadus Gedongan Kulon, Anwari, mengatakan, akses jalan tersebut sangatlah penting dikarenakan merupakan jalan penghubung Desa Kalinegoro menuju ke Mertoyudan.


"Masyarakat banyak yang menggunakan jalan ini untuk menuju ke Mertoyudan, termasuk Camat Mertoyudan juga lewat jalur ini," ucap Anwari.


Longsoran dengan ketinggian lebih kurang tujuh meter dan lebar lima meter tersebut langsung mendapatkan penanganan dari aparat terkait dan relawan serta dibantu masyarakat sekitar.


"Dari BPBD, Kecamatan, Damkar, Relawan, petugas PLN, Koramil dan Polsek Mertoyudan serta masyarakat langsung gotong royong melakukan evakuasi material longsoran pagi ini.


Agar akses jalan dapat dipergunakan kembali, dan jaringan listrik yang tertimpa rumpun bambu dapat difungsikan kembali," papar Anwari.


Salah satu relawan dari Garda Rescue, Bagas, mengatakan, dirinya langsung meluncur ke lokasi kejadian, untuk turut memberkan bantuan tenaga.


"Kebetulan rumah saya dekat daerah sini di Kalinegoro, jadi langsung meluncur. Kebetulan anggota yang lain juga sibuk turut menangani longsoron di daerah Kecamatan Salaman," tutur Bagas.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar