Hujan Deras Akibatkan Tanah Longsor di Kajoran dan Sawangan

Dilihat 1186 kali
Bencana tanah longsor di wilayah Kecamatan Kajoran Kabupaten Magelang pasca hujan deras, Minggu (31/10)

BERITAMAGELNG.ID - Tiga titik tanah longsor terjadi di wilayah Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang setelah diguyur hujan deras pada Minggu siang hingga sore (31/10).


Faktor penyebab tanah longsor di tiga titik tersebut disebabkan kontur tanah yang labil, juga disebabkan hujan dengan intensitas tinggi dalam beberapa hari terakhir.


"Tiga titik longsor  yang terjadi di wilayah Kecamatan Kajoran tersebut yakni di Dusun Pedan Barat, Desa Kajoran, Dusun Tanjungsari, Desa Pandansari dan juga di Dusun Bangsri, Desa Bangsri," kata Camat Kajoran, Supranowo, Senin ( 01/11).


Supranowo mengatakan, tanah longsor yang terjadi di Dusun Tanjungsari Desa Pandansari berdampak pada satu rumah yang dihuni dua kepala keluarga. Yakni, keluarga Triyoko dan  Sujatman.


Meski demikian, rumah tersebut tidak mengalami kerusakan  yang berarti, sehingga penghuni rumah tersebut tidak mengungsi.


Sementara itu, tanah longsor yang terjadi di Dusun Bangsri, Desa Bangsri sempat menutup akses jalan alternatif antar kecamatan yakni Kajoran dengan Salaman.


Sedangkan tanah longsor di Desa Bangsri sempat menutup akses jalan alternatif antar kecamatan, sehingga diperlukan pengerukan.


"Sudah dilakukan warga setempat dibantu personel dari BPBD Kabupaten Magelang," katanya.


Berdasarkan data BPBD Kabupaten Magelang selain di wilayah Kecamatan Kajoran, bencana tanah longsor juga terjadi di Dusun Sintok Desa Gantang dan Dusun Dadapan Desa Ketep Kecamatan Sawangan.


Tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut. Namun, sejumlah rumah rusak ringan.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar