Hujan Deras, Rumah Lansia Terancam Longsor

Dilihat 1664 kali
Longsor di Desa Sedayu Muntilan, rumah seorang lansia terdampak, Sabtu (17/03)

BERITAMAGELANG.ID - Hujan deras mengakibatkan bencana tanah longsor, Sabtu (17/03). Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun rumah seorang lansia dalam kondisi terancam longsor susulan.


Kejadian tanah longsor tersebut disampaikan Abas, personil Tim reaksi Cepat BPBD Kabupaten Magelang.


"Tanah longsor terjadi sekitar pukul 14.35 setelah hujan berintensitas sedang mengguyur kawasan lereng barat Gunung Merapi sejak pukul 11.00 WIB," jelas Abas.


Longsor tersebut, berasal dari talud rumah nenek Rubiyah (61) warga Dusun Sedayu 2 RT 3 Desa Sedayu Kecamatan Muntilan Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. 


"Bagian depan rumah yang dihuni nenek Rubiyah seorang diri dalam posisi terancam ambrol," lanjut Abas.


Tinggi talud rumah yang longsor diperkirakan 5 meter dengan panjang mencapai 3 meter, material dari longsoran itu juga menutup akses jalan menuju rumah Rubiyah. Untuk sementara upaya penanganan belum bisa dilakukan mengingat kondisi gelap dan cuaca tidak bersahabat.


"Upaya pembersihan akan dilakukan Minggu (18/03), mengingat hujan masih turun dan kondisi sekitar lokasi gelap menjelang malam. Untuk mengantisipasi longsor susulan bagian yang longsor akan ditutup kain terpal," imbuh Abas.


Hingga saat ini upaya penanganan langsung dilakukan oleh BPBD Kabupaten Magelang, dengan  melakukan asesment dan koordinasi lapangan dengan perangkat desa setempat. Sedangkan pemilik rumah, Mbah Robiyah dihimbau sementara mengungsi di rumah sanak keluarga yang lebih aman.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar