Hari Peduli Sampah Nasional, Polres Magelang Giat Bersih di Borobudur

Dilihat 1600 kali
Kapolres dan Wakapolres Magelang giat bersih-bersih di kawasan terminal Borobudur Kabupaten Magelang

BERITAMAGELANG.ID - Kepolisian Resor Magelang menggelar giat bersih-bersih dan pungut sampah di kawasan di Terminal Borobudur Kabupaten Magelang, Jumat (22/02). Giat ini dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional.

Sebelumnya, Kapolres Magelang AKBP Yudianto Adhi Nugroho, SIK memimpin Upacara Hari Peduli Sampah Nasional yang tahun ini mengambil tema "Kelola Sampah Untuk Hidup Bersih, Sehat dan Berguna".

"Peringatan ini kita menengok tragedi 14 tahun yang lalu tepatnya 21 Februari 2005, dimana 157 jiwa melayang tergulung tumpukan sampah dan dua Kampung hilang dari peta karena longsoran sampah dari tempat pembuangan akhir (TPA) Leuwigajah, Ciamis, Jawa Barat.

Longsoran dari berbagai sampah anorganik tersebut bagaikan gelombang tsunami yang meluluhlantahkan kampung Cilimus dan Pojok. Pemukiman yang penuh kehidupan itu langsung luluh lantak walaupun berjarak satu km dari gunungan sampah tersebut," papar Kapolres.

Kapolres berharap, pengalaman tersebut dapat membangun budaya hidup bersih dan sehat melalui pengelolaan sampah sehingga menjadi gaya hidup baru masyarakat Kabupaten Magelang.

"Marilah kita selalu mendorong budaya bersih, sehat, dan  produktif. Sosialisasikan dan edukasi kepada masyarakat perihal dinamika mengatasi sampah sejak dari sumbernya," pungkas Kapolres. 

Gerakan bersih-bersih dan pungut sampah bersama di kawasan sekitar terminal Borobudur Magelang juga diikuti Wakapolres Magelang Kompol Eko Mardiyanto, para Kabag, Kasat, dan Kapolsek Borobudur.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar