Hobi Koleksi Miniatur Berubah Jadi Bisnis Menguntungkan

Dilihat 1762 kali
Budi dan Hermawan terus berkarya dalam mengecat miniatur custom printer 3D

BERITAMAGELANG.ID - Kreativitas dan bisnis dalam dunia hobi miniatur saat ini semakin terbuka. Peluang tersebut ditangkap oleh Hermawan Setiadi asal Tonoboyo Bandongan Magelang yang dengan tekun mengecat miniatur dan menjualnya secara online. Kreativitas ini pun mendatangkan keuntungan baginya.


"Sudah satu tahun ini sejak awal pandemi Covid-19, bisnis mengecat miniatur saya lakukan. Dan masih berjalan hingga sekarang," ucap Hermawan, Minggu (25/4/2021).


Hermawan mengecat (memberi warna) secara detail pada bahan miniatur. Bahan miniatur tersebut adalah hasil cetak melalui printer 3D, berbahan resin dengan menggunakan skala 64.


"Dulu saya pernah lihat produk serupa, bisa mencapai harga Rp200 ribu. Lalu suatu ketika saya mendapat bahan miniatur cetakan printer 3D dengan harga yang murah, maka saya mencoba mengecat sendiri dan saya jual hanya Rp100 ribu, dan laku banyak yang pesan melalui online," papar Hermawan.


Di workshopnya di Tonoboyo Bandongan Magelang, Hermawan melakukan proses kreatifnya, mengecat secara detail miniatur tersebut. Jenis miniaturnya berbagai jenis sepeda motor, termasuk figur manusia, mulai dari orang kantoran, mekanik, olahragawan serta berbagai profesi dan aktivitas lainnya.


"Semuanya miniatur berskala 64, seukuran mobil-mobilan Hotwheel jadi sangat kecil, cocok untuk fotografi mainan atau untuk pelengkap maket diorama.


Miniatur yang sudah saya cat dengan detail, kemudian saya packing di wadah yang eksklusif sehingga semakin menarik sebagai barang koleksi," ungkap Hermawan.


Dalam proses mewarnai Hermawan menggunakan cat akrilik khusus miniatur, yang dioleskan dengan kuas khusus juga. Hasilnya cukup mendekati aslinya dengan detail warna yang tegas dan hidup.


"Bahan miniatur masih berupa warna resin dan masih satu warna dasar, oleh karenanya sebelum dijual saya warnai terlebih dahulu. Semakin kecil tentunya semakin sulit, seperti pada bagian mesin atau tekstur bodi motor.


Untuk sepeda motor, saya warnai mulai dari body, tangki, rangka, lampu dan pernak-perniknya. Untuk figur miniatur manusia, dicat seluruh anggota tubuh mulai dari baju, sepatu, jaket, wajah hingga rambut. Butuh kesabaran karena ukuran miniatur skala 64," terang Hermawan.


Rekan Hermawan, Budi Hasan Waskito, warga Kalegen Bandongan, yang juga melakukan detailing miniatur custom, mengaku, bahan miniatur dia beli dari luar Magelang, untuk kemudian diwarnai dengan cat khusus.


"Pembeli miniatur hasil produk kami, berasal dari Magelang sendiri dan luar Magelang, ada pula dealer sepeda motor, yang beli dari kami, untuk keperluan maket diorama," papar  Budi.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar