Menpora Hadiri Peringatan Waisak di Magelang

Dilihat 1424 kali
Menpora Imam Nahrawi hadiri perayaan Waisak di kawasan Candi Mendut, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Selasa (29/05)
BERITAMAGELANG.ID - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Imam Nahrawi menghadiri Prosesi Puja Bhakti Waisak para umat Buddha di kawasan Candi Mendut, Magelang, Jawa Tengah, Selasa (29/05).

"Semoga di hari Raya Waisak ini, kita selalu diberi keberkahan dan selalu dilindungi oleh Yang Maha Kuasa sehingga urusan-urusan kehidupan, kebangsaan, kenegaraan, dan kemanusiaan akan selalu dijaga oleh Tuhan Yang Maha Esa," kata Imam di hadapan ribuan umat Buddha yang sedang memperingati hari Raya Waisak 2562 Buddhist Era.

Menpora mengungkapkan apresiasinya terutama kepada Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi) yang telah menyelenggarakan peringatan Hari Raya Waisak di Kawasan Candi Mendut dan Candi Borobudur.

"Khususnya kepada para Bhiku, dan anak muda umat Buddha yang datang dari kawasan ASEAN dan dunia, Pemerintah akan selalu hadir untuk memberikan ruang kepada anak muda khususnya aktivis-aktivis agama yang harus menjadi garda terdepan untuk kuat dan kokohnya perdamaian dunia," tegasnya.

Menurut Menpora, Hari Raya Waisak merupakan momentum dimana umat Buddha dapat memberikan pesan damai, pesan toleransi, pesan cinta kasih kepada seluruh umat manusia.

Imam juga mengungkapkan rasa syukurnya karena perayaan Waisak kali ini dapat berjalan dengan begitu damai. Dan keberadaan Candi Borobudur pun juga menjadi salah satu peradaban bagi umat Buddha sekaligus salah satu keajabian dunia yang terkenal hingga mancanegara.

"Sudah barang tentu para kaum muda umat Buddha untuk mengabarkan, bahwa tahun depan ayuk kita ramai-ramai ke Candi Borobudur untuk merayakan Waisak bersama-sama seluruh umat Buddha dunia di Candi Borobudur," harapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Imam juga mengajak seluruh umat Buddha yang hadir, untuk ikut mendukung suksesnya Asian Games pada 18 Agustus 2018, yang akan diselenggarakan di Jakarta dan Palembang.

"Tolong juga doakan para atlet Indonesia yang ikut dalam ajang olahraga Asian Games agar bisa memberikan kabar terindah dan prestasi terbaik dan medali terbanyak di Asian games tahun 2018," pungkasnya.

Usai melaksanakan prosesi Puja Bhakti di Kawasan Candi Mendut, para umat Buddha melanjutkan arak-arakan Air Suci dan Api Abadi menuju Candi Borobudur.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar