Hari Purbakala, Candi Borobudur Dibersihkan

Dilihat 1998 kali
Peringati Hari Purbakala, pegawai Balai Konservasi Borobudur (BKB) bersihkan Candi Borobudur Selasa 14 Juni 2022

BERITAMAGELANG.ID - Memperingati Hari Purbakala, pegawai Balai Konservasi Borobudur (BKB) membersihkan Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Selasa (14/6/2022). Kepala Balai Konservasi Borobudur (BKB) Wiwit Kasiyati mengatakan, pembersihan tersebut dilakukan oleh pegawai BKB. Namun, nantinya juga melibatkan masyarakat sekitar agar bisa menjangkau lebih luas lagi. 


“Kami belum bisa menjangkau yang lebih luas, nanti suatu saat akan menjangkau bersih-bersih candi ini dengan masyarakat sekitar Borobudur,” kata Wiwit kepada wartawan di kantor Balai Konservasi Borobudur.


Kegiatan bertajuk Reresik Candi Borobudur tersebut dilakukan secara manual menggunakan alat sederhana seperti sapu lidi, dan kuas. Adapun yang dilakukan mulai menyikat bebatuan, mencabuti rumput yang tumbuh di sela-sela bebatuan juga melakukan penyemprotan dengan air.


Proses pembersihan tersebut dilakukan mulai dari lantai bawah, lorong-lorong hingga stupa induk Candi Borobudur. Untuk penyemprotan menggunakan air dilakukan baik di dinding maupun lantai Candi Borobudur. 


Menurut Wiwit, pembersihan tersebut memang harus rutin dilakukan untuk menjaga agar tidak terjadi kerusakan dan jika pembersihkan tidak dilakukan nantinya tingkat kerusakan lebih parah. 


Sebagai wujud tanggung jawab luar biasa itu, lanjut Wiwit, BKB selalu menjaga perawatan batu Candi Borobudur dengan meminimalisir tingkat kerusakan itu.


“Ini sudah tugas kami sehingga kami selalu berupaya tingkat kerusakan itu kita minimalisir di antaranya nanti pengunjung kalau sudah boleh naik struktur harus memakai sandal Upanat. Itu yang memproduksi juga masyarakat Borobudur," jelasnya.


Selain sandal Upanat, BKB juga menggunakan pemandu berkualitas bagi wisatawan untuk menajamkan bahwa Warisan Dunia ini menyimpan nilai-nilai penting OUV (outstanding universal value). 


Hari Purbakala diperingati setiap tahun yang diawali pada 1913, kemudian berkembang hingga saat ini.  Untuk kesempatan kali ini sejumlah kegiatan digelar BKB seperti membuat podcast, mengajak berkeliling ke Borobudur ke kawasan. Kemudian workshop aktualisasi nilai relief Candi Borobudur melalui seni kriya mulai 6-11 Juni 2022.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar