Hari Pertama Buka, Candi Borobudur Dikunjungi Ratusan Wisatawan

Dilihat 391 kali
Pengunjung Borobudur selalu diingatkan untuk mengikuti protokol kesehatan, salah satunya menjaga jarak di saat uji coba pembukaan candi termegah di dunia ini.
BERITAMAGELANG.ID - Di hari pertama uji coba pembukaan Candi Borobudur Kabupaten Magelang, Kamis (25/6/2020), jumlah wisatawan yang berkunjung sebanyak 266 orang. Mereka datang tidak hanya dari wilayah Jawa Tengah, namun juga Jawa Barat dan Jawa Timur.

Menurut GM Taman Wisata Candi Borobudur, I Gusti Putu Ngurah Sedana, jumlah itu sudah lumayan bagus untuk Candi Borobudur yang baru uji coba, setelah tiga bulan tutup akibat pandemi covid-19.

"Semuanya dinyatakan sehat dan suhu tubuh mereka di bawah 37 derajat," terang Putu.

Kepada pengunjung, pihaknya juga memberi tahu, bahwa mereka hanya bisa sampai di councourse  atau zona dua dan belum bisa naik ke candi karena masih dibersihkan dari abu vulkanik erupsi gunung Merapi beberapa waktu lalu. 

"Rata-rata pengunjung memaklumi dan mereka tetap mau menikmati kemegahan Candi Borobudur," katanya.

Kunjungan wisatawan juga dibagi dalam dua shift, yakni shift pertama mulai pukul 08.00 sampai 11.30 WIB, sedangkan shift dua pukul 13.00 sampai 16.00 WIB.

Dirut PT TWC, Edi Setijono mengatakan, target kunjungan wisatawan selama masa uji coba sebanyak 1.500 orang/hari.  Jumlah itu hanya 10-15 persen dari angka normal.

Dari pengamatan di lapangan, pengunjung yang datang ada rombongan keluarga namun ada pula komunitas sepeda dan juga pelaku usaha travel agent. Para pelaku usaha travel ini bahkan masuk Borobudur menggunakan face shield. Mereka sengaja datang ke Borobudur untuk melakukan survey.

Para pengunjung selama berada di kawasan Borobudur tetap harus mengikuti protokol kesehatan, seperti menjaga jarak. Petugas yang berjaga, dengan ramah akan selalu mengingatkan bila ada pengunjung yang berkerumun. 

"Mereka juga selalu diingatkan untuk cuci tangan dan menggunakan hand sanitizer," kata Edi.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar