Hari Pers Nasional Kabupaten Magelang Berlangsung Meriah

Dilihat 136 kali
Bupati Magelang Zaenal Arifin didampingi Forkopimda dan segenap wartawan Magelang melepas sejumlah burung ke alam liar dalam puncak peringatan Hari Pers Nasional 2020

BERITAMAGELANG.ID - Kemeriahan puncak Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2020, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Magelang menggelar kegiatan penghijauan dan pelepasan burung ke alam bebas di kawasan hutan Gunung Telomoyo, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (22/2/2020).


Bupati Magelang, Zaenal Arifin yang hadir dalam kegiatan itu sangat mengapresiasi HPN kali ini yang begitu peduli dengan alam sekitar dan mendukung penuh pariwisata di Kabupaten Magelang.


"Sekedar mengingatkan bahwa Kabupaten Magelang telah ditetapkan menjadi salah satu super prioritas pembangunan pariwisata. Maka kegiatan positif seperti inilah yang nantinya akan berdampak baik terhadap perkembangan pariwisata di Kabupaten Magelang," ujarnya.


"Selain ikut serta dalam menjaga kelestarian alam, kegiatan ini juga bertujuan untuk menunjang pariwisata di Gunung Telomoyo, sehingga perekonomian masyarakat sekitar bisa meningkat," kata, Ketua Panitia HPN Kabupaten Magelang 2020, Nina Atmasari dalam sambutannya.


Nina mengatakan, dalam puncak HPN ini pihaknya menggandeng beberapa pihak seperti PWI Kota Magelang, Pemerintah Kabupaten Magelang dan jajaran Forkopimda lainnya dalam kegiatan penanaman pohon dan pelepasan burung. Adapun jumlah pohon yang ditanam di sekitar area parkir Gunung Telomoyo tersebut sebanyak 2.000 bibit pohon.


"Yakni bibit pohon pinus, nyamplung, cengkeh, sirsak, petai, durian, jeruk, gayam dan pohon akar wangi. Sementara burung yang dilepas ke alam adalah 10 ekor burung jalak penyu dan 12 pasang burung perkutut," imbuhnya.


Ketua PWI Jawa Tengah, Amir Machmud yang juga hadir mengatakan, kegiatan penghijauan Gunung Telomoyo tersebut menegaskan kembali bahwa PWI Magelang menjadi salah satu pilar pembangunan di daerah.


"Dalam lima tahun terakhir ini, PWI Kabupaten Magelang ini menjadi salah satu PWI terbaik di Jawa Tengah. Salah satu indikatornya adalah kemauan dan kemampuan sumber daya manusianya untuk menjalin sinergitas dengan unsur-unsur lain di lingkungan Pemkab Magelang," ungkap Amir.


Amir menambahkan, PWI Jateng selama lima tahun terakhir telah mengkampanyekan jurnalistik inspiratif. Yakni memposisikan diri sebagai elemen yang berdiri sejajar mempunyai niat baik, untuk bersama-sama membangun daerah.


"Untuk PWI Kabupaten Magelang, saya memberi penekanan agar menjadi pendorong pariwisata," tuturnya.


Diketahui, acara puncak HPN 2020 kali ini juga dihadiri Dandim 0705/Magelang, Kapolres Magelang yang diwakili oleh, Kabag Ops Polres Magelang beserta jajarannya, dan Wakil Administratur Perhutani Kedu Utara. HPN 2020 kali ini juga mengangkat tema "Ayo Menyang Gunung Telomoyo, Resik Gununge Mulyo Wargane"


Sementara Wakil Administratur Perhutani Kedu Utara, Bagas Afianto, menyebutkan bahwa, Gunung Telomoyo sendiri memiliki luas 532 hektar. Upaya penghijauan juga terus dilakukan. Belum lama ini juga ditanam 26 ribu bibit tanaman.


"Terima kasih kepada PWI yang telah melakukan kegiatan di Telomoyo, semoga semakin dikenal dan memberikan dampak baik bagi masyarakat," katanya.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar